Beranda News Polisi Gunakan 3 D Scanner Olah TKP Kecelakaan Truk Trailer Maut di Bekasi

Polisi Gunakan 3 D Scanner Olah TKP Kecelakaan Truk Trailer Maut di Bekasi

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan olah TKP kecelakaan truk trailer yang menewaskan 10 orang di depan SD II & III Kota Baru, Kranji, Bekasi, Jawa Barat. Olah TKP dilakukan dengan menggunakan 3D scanner.

“Kami dari tim TAA Polda Metro Jaya bergabung dengan penyidik Unit Laka Polres Metro Bekasi Kota melaksanakan kegiatan olah TKP kejadian laka lantas yang terjadi kemarin siang. Pada kesempatan ini, selain melaksanakan pengukuran, kami melaksanakan kegiatan pengambilan video melalui alat 3D scanner,” kata Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Edy di lokasi, Kamis (1/9/2022).

Edy mengatakan, dalam olah TKP tersebut, pihaknya mengambil delapan titik pengambilan video. Jarak antara satu titik dan titik lainnya 15 meter.

“Kemudian 3D scanner ini, kami mengambil delapan titik pengambilan video. Di masing masing titik itu, antara titik satu dan titik lainnya berjarak 15 meter,” ujarnya.

Edy menuturkan hasil video kemudian akan diolah terlebih dahulu selama 1×24 jam. Dengan menggunakan metode ini, nantinya akan didapatkan video rekonstruksi kecelakaan baik sebelum, saat kejadian, dan setelah kecelakaan.

“Untuk sementara, dari hasil pengambilan video ini nanti akan kita olah dulu melalui aplikasi baru nanti kelihatan nanti seperti ini kronologinya, seperti itu. Dengan alat ini, hasilnya nanti berupa video rekonstruksi, akan terlihat sebelum, saat, dan sesudah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Lebih lanjut Edy mengatakan hasil pengambilan video tersebut merupakan bahan pendukung yang akan menggambarkan kronologi kecelakaan truk trailer tabrak tiang BTS.

Related Articles