Beranda Lalu Lintas Pantauan Arus Balik Hari Ini ! Pemudik Sampaikan Arus Lalin Lancar

Pantauan Arus Balik Hari Ini ! Pemudik Sampaikan Arus Lalin Lancar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Volume kendaraan arus balik mudik di ruas tol Jakarta-Cikampek pada hari ini Sabtu 7 Mei 2022 terpantau ramai lancar. Sejak pagi hari tadi pukul 07.10 WIB Korlantas Polri melalui Ditlantas Polda Metro juga telah memperpanjang pemberlakuan one way hingga Km 3+500 tol Halim Jakarta.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menerangkan sejak semalam kita sudah Berlakukan one way mulai dari Kalikangkung sampai Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, lanjut pemberlakuan contraflow sampai KM 28. Kemudian tadi pagi jam 07.10 WIB kita perpanjang one way sampai 3+500 GT Halim.

“Arus Balik hari ini, syukur Alhamdulillah kita lihat sendiri untuk Gerbang Tol Halim tidak ada antrian. Kemudian dari Km 62, Km 70 Cikatama, roda kendaraan terpantau terus berputar dengan kecepatan maksimal,” Quote Brigjen Aan Suhanan didampingi Dirlantas Metro Jaya Kombes Pol Sambodo, di titik akhir oneway Km 3+500 Tol Halim Jakarta, Sabtu (7/5).

“Mudah-mudahan ini bisa bertahan sampai malam hari nanti, bsok dan sampai hari Minggu,” quotenya.

Lanjutnya, Brigjen Aan menyampaikan volume kendaraan yang melintasi Cikatama dalam 1×24 jam terdata sudah 107.000 kendaraan.

“Ini sebenarnya sudah melewati puncak arus balik. Namun jika dihitung kendaraan yang keluar masih ada tersisa sekitar 300.000 lebih. Dalam 2 hari kalau semuanya berangkat pada tanggal 7-8 ini, terdapat 300.000 kendaraan akan memasuki Jakarta,” quotenya.

Lebih lanjut, Dirgakkum menyebutkan karena sudah adanya himbauan perpanjangan libur untuk ASN kemudian swasta, serta anak-anak sekolah diperpanjang sampai tgl 12 Mei ini mampu mengurangi beban volume kendaraan dijalan.

Terakhir Brigjen Aan kembali mengingatkan untuk arus balik ini secara psikologis sudah lelah, pemudik diharapkan tetap bersabar dan bertoleransi sesama pemudik terlebih pada titik krusial perlambatan kepadatan di rest area. Dan untuk menghindari kepadatan di GT Cikatama terutama, pengemudi harus pastikan saldo E-toll cukup. Jika 1 detik saja terlambat nge-tap saldo kosong akan berakibat panjang kebelakang.

Dalam patroli pantauan arus balik hari ini, Dirgakkum juga menyempatkan melakukan koordinasi bersama jajaran personil di Pos Induk PJR Cikarut, Posko Terpadu Km 3+500, dan Cikunir . Usai berkoordinasi Brigjen Aan juga menyempatkan menyapa langsung pemudik dan menanyakan kondisi perjalanannya.

“Secara umum lancar ya pak, Dari Palimanan, Cikampek lancar ya?,” Tanya Dirgakkum,

“Alhamdulillah lancar, terimakasih pak,” jawab singkat pemudik dari Jogja.

Tak hanya itu, tampak senyum bahagia dan apresiasi singkat dari pemudik melalui lambaian tangan hingga ucapan “Sukses Komandan,” teriak pemudik.

Related Articles