Beranda Kegiatan Korlantas Polri Gelar Sosialisasi Penafsiran Kerusakaan Kendaraan Agar Santunan Korban Cepat

Korlantas Polri Gelar Sosialisasi Penafsiran Kerusakaan Kendaraan Agar Santunan Korban Cepat

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Korlantas Polri terus melakukan peningkatan sumber daya manusianya dengan mengadakan kegiatan sosialisasi tentang bagaimana cara menaksir kerusakan kendaraan yang terlibat kecelakaan.

Kegiatan itu diikuti oleh Kasubditgakkum Korlantas Polri, Kasih Laka, Kasat Lantas, seluruh penyidik Lakalantas se-Indonesia berserta pihak PT Jasa Raharja dengan narasumber dari Loss Adjuster.

Kasubdit Laka Ditgakkum Korlantas Polri, Kombes Pol Hotman Sirait mengatakan, sosialisasi ini penting dilakukan untuk menambah wawasan kepada semua pihak yang terkait dengan penanganan lalu lintas, khususnya ketika terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Itu memberikan gambaran berapa persentase kendaraan yang terlibat kecelakaan apakah 70 sudah rusak total, sehingga ini beripilikasi kepada apakah kendaraan tersebut masih bisa dipertahankan untuk diperbaikan atau dilakukan langkah-langkah lain,” kata Kombes Pol Hotman dalam keterangannya, Senin (15/8/2022).

Hotman Sirait meminta dalam penafsiran kerugiaan kendaraan ini tidak menghambat untuk proses penerbitan laporan Polisi yang sudah dikemas dari enam item melalui aplikasi DORS Polri. “Sehingga tidak menimbulkan keterlambatan dalam proses pembayaran santunan kepada yang terlibat kecelakaan,” tegasnya.

Hotman Sirait berharap out put dari kecepatan penafsiran kendaraan akibat kecelakaan itu bisa mengurangi penumpukan kendaraan di kantor kepolisian, termasuk kendaraan yang dijadikan barang bukti.

“Sekaligus juga memberikan ruang kepada masyarakat nantinya dalam aplikasi barbuk. Bisa mengetahui kendaraannya yang hilang dilaporkan bisa di monitor. Apakah sudah ditemukan atau seperti apa oleh kepolisian jajaran Polda se-Indonesia,”

Sementara Kepala Divisi Pelayanan PT Jasa Raharja Vanky Hervanka Tri Dianto mengatakan, kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu peristiwa yang sangat berpotensi dalam memberikan dampak kerugian yang cukup besar.

Vanky bersyukur dengan adanya sosialisasi tersebut. Sebab, santunan untuk korban bisa lebih cepat.

Related Articles