Beranda Kegiatan Gelar Rakor Lintas Sektoral, Polri Siapkan Pengamanan Nataru dan Antisipasi Bencana Alam

Gelar Rakor Lintas Sektoral, Polri Siapkan Pengamanan Nataru dan Antisipasi Bencana Alam

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan sederet persiapan yang dilakukan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hal tersebut diungkapkannya seusai menggelar rakor lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Nataru bersama kementerian dan lembaga terkait di Mabes Polri, Jakarta.

Salah satu persiapan yang dilakukan Polri ialah menyiagakan personel guna mengamankan sejumlah tempat ibadah yang bakal digunakan, khususnya umat Kristiani yang merayakan Natal.

“Juga ada kegiatan perayaan di tempat-tempat ibadah yang biasanya dilaksanakan oleh umat Nasrani. Namun juga masjid-masjid juta biasanya di beberapa wilayah tempat tertentu ada,” kata Sigit, Jumat (16/12).

Selain itu, banyak pula masyarakat yang biasanya merayakan malam pergantian tahun dengan kegiatan di ruang terbuka. Pengamanan kegiatan itu disebut juga telah disiapkan.

Kapolri juga memprediksi, sekitar 44 juta masyarakat bakal bepergian selama masa Nataru. Hal ini juga menjadi salah satu fokusnya dalam mempersiapkan infrastruktur penunjang.

“Kita semua membahas mulai dari bagaimana mempersiapkan infrastruktur jalan agar mudik akhir tahun bisa berjalan baik seperti yang pada waktu itu dilaksanakan sebelumnya di Hari Raya Idul Fitri dan mudah-mudahan kali ini bisa lebih baik,” ujarnya.

“Tentunya kami juga mendirikan pos pelayanan baik pos pam, posyan sampai dengan pos terpadu. Di mana di dalamnya lengkap seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama bekerja di lapangan,” sambung dia.

Menurut Sigit, banyak juga masyarakat yang menghabiskan masa liburan nataru dengan bepergian ke tempat wisata. Atas dasar ini, sejumlah persiapan pengamanan pun telah dilakukan.

“Dan tentunya seluruh sektor pariwisata tadi kita imbau untuk mempersiapkan seluruhnya sehingga masyarakat bisa melaksanakan liburan di akhir tahun dengan aman dan nyaman,” tutur Sigit.

Terakhir, Sigit melanjutkan, mengenai hal-hal yang tak dapat diprediksi seperti bencana alam, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan BNPB dan BPBD dalam rangka evakuasi dan penyelamatan.

“Untuk melakukan evakuasi penyelamatan termasuk menyambungkan ke rumah sakit-rumah sakit terdekat, itu semuanya harus kita siapkan. Sarana pra sarana, moda-moda transportasi udara, darat dan laut semua juga harus kita siapkan,” tutup dia.

Related Articles