Beranda News Gedung Pelayanan BPKB Prototype Polresta Pati Diresmikan, Ini Fasilitasnya

Gedung Pelayanan BPKB Prototype Polresta Pati Diresmikan, Ini Fasilitasnya

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi meresmikan gedung baru Polresta Pati dan gedung baru pelayanan BPKB Prototype. Kegiatan peresmian dua gedung baru tersebut dalam rangka mewujudkan transformasi peningkatan kualitas pelayanan publik sehingga masyarakat semakin mudah, murah dan cepat dalam memperoleh pelayanan kepolisian.

“Dengan diresmikannya gedung baru Polresta Pati dan BPKB Prototype ini, Saya berharap dapat menjadi motivasi kuat dalam peningkatan kwalitas pelayanan kepada masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin meningkat” ujarnya.

Gedung baru Polresta Pati merupakan hibah bangunan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pati, dalam proses pembangunannya bersumber dari anggaran APBD tahun 2022. Sedangkan untuk gedung baru pelayanan BPKB Prototype dibangun dengan anggaran sebesar Rp 27.809.285.000,- menggunakan DIPA Polri tahun 2022.

Pembangunan gedung baru Polresta Pati ini memakan waktu selama sembilan bulan, dengan luas total bangunan 3.649,4 M2, dengan rincian lantai 1 seluas 1.866,7 M2 dan lantai 2 seluas 1.782,7 M2.Pada lantai satu terdapat ruang lobi, ruang Sat Binmas, Sat Intelkam, Sat Tahti, Si Hukum, Si TIK, Sihumas dan ruang tahanan. Sedangkan di lantai dua terdapat ruangan Kapolresta, Wakapolresta, Bag Ops, Bag SDM, Bag Ren, Sium, aula rapat Rupatama R. Agil Koesoemodijo, satu aula pertemuan Sanika Satyawada.

Di sisi lain, pembangunan gedung baru pelayanan BPKB Prototype memakan waktu selama tujuh bulan. Untuk mengenang jasa pahlawan gedung tersebut diberi nama “R. Agil Kusumadya” akan menerapkan sistem First In First Out (FIFO), sistem ini mewajibkan setiap pemohon menscan barcode yang bertujuan untuk menghilangkan budaya kolusi dan percaloan dalam pengurusan BPKB. Gedung BPKB Prototype ini memiliki luas total bangunan 1.728 M2 yang terdiri dari tiga lantai. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemohon, gedung BPKB prototype ini dilengkapi dengan lift, toilet dan mushola yang sangat representatif.

Pada lantai pertama terdapat ruang cek fisik digital untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, dan ruang difabel. Lantai ke dua terdapat tempat pelayanan register penyerahan BPKB, ruang staf, ruang pengaduan, ruang laktasi, ruang bermain anak, pojok baca, dan ruang arsip. Se-dangkan lantai ke tiga digunakan untuk ruang rapat, ruang arsip digital, ruang Kasat Lantas dan satu ruang Kanit Regident.

Pada kesempatan lain, Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing memaparkan bahwa “Pembangunan dua gedung baru milik Polresta Pati yakni gedung utama Mako Polresta Pati dan BPKB prototype ini, merupakan upaya dalam meningkatkan kwalitas pelayanan publik selaras dengan Program Prioritas Kapolri dan Commander Wish Kapolda Jateng”.

Christian Tobing juga menambahkan, gedung BPKB Prototype ini merupakan pertama kali dan satu-satunya di Jawa Tengah yang memberikan pelayanan serba digital sekaligus sebagai upaya akselerasi dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) untuk menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Selain itu, dengan adanya dua gedung baru ini, sebagai amunisi baru bagi kami dalam mempertahankan presikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) sekaligus mewujudkan pembangunan Zona Integritas (ZI) untuk menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)” pungkasnya.

Related Articles