Beranda Headlines Evaluasi dan Persiapan Arus Balik Lebaran 2022

Evaluasi dan Persiapan Arus Balik Lebaran 2022

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, mewakili Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan antisipasi arus balik mudik 2022 via virtual zoom meeting bersama Asops Kapolri serta jajaran stakeholder terkait, di pos terpadu operasi ketupat pengamanan lebaran 2022, GT Kalikangkung Semarang, Rabu (4/5/2022).

Pada kesempatannya, Brigjen Aan selaku Pamatwil Operasi Ketupat 2022 memberikan paparan singkat terkait evaluasi dan kesiapan menyambut arus balik lebaran 2022 yang diprediksi akan terjadi mulai tanggal 5-6 Mei 2022 dan puncak arus balik pada 7-8 Mei 2022.

“Keberhasilan arus mudik secara keseluruhan tidak lepas dari strategi yang sudah kita rencanakan sebelumnya. Setidaknya ada beberapa strategi yakni strategi manajemen media, penambahan kapasitas lajur, strategi pengurangan volume kendaraan melalui ganjil genap, strategi penempatan personel pada titik permasalahan, dan rest area,” ujar Dirgakkum.

Berdasarkan temuan saat arus mudik yang menyebabkan perlambatan hingga berakibat kemacetan saat arus mudik lebaran 2022 kemarin, langsung menjadi bahan evaluasi Korlantas bersama stakeholder. Dirgakkum Korlantas Brigjen Aan merinci perlambatan selama arus mudik diakibatkan mulai dari kendaraan tidak laik jalan, pemudik yang menerobos dari jalur B ke A maupun sebaliknya di u-turn atau dobrak (bukaan pembatas jalan) saat pemberlakuan oneway maupun contraflow di ruas tol, pengemudi berhenti di bahu jalan juga perlambatan arus kendaraan menjelang rest area.

“Tolong terus diinformasikan kepada masyarakat untuk menyiapkan kendaraannya. Karena hal ini mengganggu arus dibelakang. Kemudian tolong personel mengamankan pada titik U-turn atau dobrak (bukaan pembatas jalan) mengantisipasi perlambatan-perlambatan saat arus balik. Dipatroli terus, di woro-woro terus,” terangnya.

Lanjutnya untuk persiapan arus balik, Dirgakkum menerangkan telah menyiapkan CB (cara bertindak) dalam mengantisipasi lonjakan volume kendaraan saat arus balik nanti diantaranya pemberlakuan oneway ganjil-genap dan contraflow.

“Kita sudah membuat jadwal yang sudah tersosialisasikan kepada masyarakat. Artinya masyarakat sudah tahu bahwa jadwal oneway ganjil-genap pada arus balik akan dimulai pada hari Jum’at sampai dengan pukul 24.00 WIB. Namun untuk waktu pemberlakuan lebih lanjut bersifat situasional,” jelasnya didampingi Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus dan Karoops Polda Jateng Kombes Pol Firli R.S.

Dirgakkum menerangkan dalam mengantisipasi terjadinya kepadatan arus balik lebih lanjut atau stagnansi macet, Kepolisian akan menutup semua akses masuk ke arah barat, kemudian mengeluarkan kendaraan di Tol Cipali ke arteri Pantura dan penambahan full penuh oneway Gage hingga Km 3+500 Jakarta bahkan diteruskan keluar di Semanggi atau pun dikeluarkan di 5 alternatif yang telah disiapkan Ditlantas Metro.

Dirgakkum juga mewanti-wanti agar arus balik lebaran ini tidak ada lagi temuan kejadian seperti di Dawuan pada saat arus mudik kemarin terjadi kembali saat arus balik ini.

“Jangan sampai terjadi kembali seperti kejadian Dawuan. Pada saat arus balik, semua dialirkan, dialihkan, tidak ada lagi yang membuka sebelum dinyatakan normalisasi dilakukan atau oneway ditutup. Sehingga masyarakat tidak menunggu lama di depan gate tol hingga berakibat antrian,” tegasnya.

Terakhir, Dirgakkum mengatensi jajaran Polda wilayah bersama Dirlantas dan Kapolres, Kapolresta, hingga petugas dilapangan bahwa operasi ini operasi kepolisian. Semua fungsi satgas yang terbentuk dikerahkan semua untuk mengawaki, mengelola operasi ini.

Adapun atensi yang diberikan diantaranya;

– Siapkan anggota yang melakukan PAM di Rest area. Karena ini akan menjadi troublespot perlambatan saat arus balik. Ketika masuk Cipali Km 102, kendaraan akan mulai padat dan menjadi titik lelah pengemudi dari arah timur. Sehingga personel di rest area dan tim urai harus kuat untuk mengatur dan mengarahkan masyarakat. Serta siaga di U-turn atau dobrak.

– Siapkan rest area di exit tol terdekat atau arteri untuk pengemudi limpahan dari Tol yang ingin istirahat atau yang berhenti di bahu jalan.

– Laksanakan manajemen media, karena ini sangat ampuh untuk terus disampaikan update kondisi arus terakhir kepada masyarakat,

– Tetap mengalihkan arus ke jalur arteri pada saat pemberlakuan Oneway sampai dengan ada informasi pembukaan arus normal.

“Terimakasih atas dedikasi mengamankan arus mudik kemarin, dan tetap semangat pada saat kita mengamankan arus balik nanti, yang tentunya ini akan lebih berat dari arus mudik kemarin karena masyarakat akan berlomba-lomba untuk kembali pada tanggal 7-8 ini. Ingatkan kembali dan sosialisasikan untuk balik lebih awal,” tutupnya.

Rapat virtual dipimpin langsung oleh Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya. Turut hadir dalam virtual meet
Kadiv Humas, Kapolda bersama Dirlantas wilayah, Dirut Jasa Raharja, perwakilan Dirut Pertamina, perwakilan Dirjen Hubdat, BNPB, Dirut Jasa Marga, ASDP dan seluruh jajaran wilayah dan personel pengamanan.

Related Articles