Home Headlines MotoGP Mandalika, Rekayasa Contraflow akan Diberlakukan Dengan Menghitung Visi Ratio Antisipasi Kepadatan

MotoGP Mandalika, Rekayasa Contraflow akan Diberlakukan Dengan Menghitung Visi Ratio Antisipasi Kepadatan

by Heri Setianto
0 comments

KORLANTAS POLRI, Mandalika – Perhelatan MotoGP Mandalika 2025 yang menjadi perhatian masyarakat balap dunia diperlukan pengaturan dalam pengelolaan pengunjung yang hadir ke area sirkuit agar jalannya balapan MotoGp bisa berjalan lancar dari mulai hingga selesainya event.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Faizal yang berada di lokasi balapan memimpin langsung pengaturan lalu lintas kendaraan pengunjung dari mulai jalan utama hingga menuju ke lokasi perhelatan MotoGp. Contraflow dan pengelolaan kantung parkir disiapkan untuk menunjang kelancaran.

“Pertama terkait rencana rekayasa kita. Kenapa kita harus pakai rekayasa karena kita akan pasti menerima banyak masyarakat yang akan datang kesini. Terutama kalau pada saat berdatangan itu mereka berdatangan mungkin akan menetes. Yang perlu kita antisipasi pada saat bubaran. Bubaran ini ada tiga lokasi parkir yaitu parkir barat kemudian parkir tengah vip sama parkir timur. Ini kalau parkir dia bersamaan keluar itu pasti jalan akan penuh,” jelas Brigjen Faizal.

Sementara untuk pemberlakukan contraflow dalam pengelolaan lalu lintas saat selesai pelaksanaan balapan akan digunakan jalan by pass sepanjang 12 kilometer dengan mengatur kecepatan yang sudah ditentukan dan diberlakukan contraflow hanya untuk kendaraan kecil.

MotoGP Mandalika, Rekayasa Contraflow akan Diberlakukan Dengan Menghitung Visi Ratio Antisipasi Kepadatan
“Pengamanan bapak RI 1 sudah ada protap-nya sudah ada SOP-nya jadi kalau beliau yang datang berarti kita harus melakukan pengamanan secara maksimal. Artinya beliau kita utamakan dan kita berikan jalur yang steril yang hijau pada saat kedatangan dan pada saat kepulangan,” Dirgakkum Korlantas Polri – Brigjen Pol Faizal

“Jalan bypass itu hanya sekitar 12 kilometer kemudian jalan Sengkol itu walaupun panjangnya tidak terlalu lebar jadi perlu kita atur. Jadi sebelum itu keluar kita sudah menyiapkan rekayasa namanya rekayasa contraflow. Contraflow ini artinya kita mengambil sebagian lajur yang lajur berlawanan dengan memasang traffic count kemudian memberikan rambu-rambu peringatan yaitu kecepatan hanya 40 km/ jam contraflow itu jalur hanya untuk kendaraan kecil,” tambahnya dalam sebuah wawancara.

Untuk pengamanan kantung tiga kantung parkir Korlantas Polri menempatkan perwira menengah untuk bertanggung jawab dan mengkomandoi arus kendaraan saat keluar. Pengelolaannya seperti irigasi bila kendaraan di luar padat akan diberhentikan dahulu baru kemudian setelah arus kendaraan lancar dilanjutkan kembali untuk mengeluarkan kendaraan dari kantong-kantong parkir tersebut.

Lihat juga: Dirgakkum Tegaskan Pentingnya Soliditas dan Kesiapsiagaan Personel di Event MotoGP Mandalika 2025

Brigjen Pol Faizal juga menjelaskan untuk pengamanan Presiden Prabowo yang direncanakan hadir ke sirkuit dirinya sudah melakukan sejumlah jalur alternatif yang nantinya dipilih oleh paspampres untuk bisa dilewati sebagai jalur yang aman.

You may also like

Leave a Comment

KORPS LALU LINTAS POLRI

Jl. Letjen M.T. Haryono Kav. 37-38, Jakarta Selatan 12770

© 2025 – MEDIA CENTER KORLANTAS POLRI