Beranda SIM / STNK Keliling SIM Habis pada 12-16 Mei, Satlantas Polres Lamongan Beri Dispensasi

SIM Habis pada 12-16 Mei, Satlantas Polres Lamongan Beri Dispensasi

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Pelayanan Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Satlantas Polres Lamongan akan tutup dan tidak memberikan pelayanan selama libur Idul Fitri 1442 H.

Peniadaan layanan SIM akan dimulai sejak H-1 lebaran, Rabu (12/5/2021) hingga H+3 lebaran, Minggu (16/5/2021).

“Terhitung hari libur itu berlangsung selama lima hari, Pelayanan SIM ditiadakan, ” kata Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Fybrien Senja Indah Lestari, Senin (10/5/2021).

Lalu bagaimana nasib para pemilik SIM yang masa berlakunya habis tepat saat pelayanan SIM diliburkan?

Pertanyaan semacam itu mungkin akan muncul di benak masyarakat yang masa berlaku SIM-nya akan habis pada tanggal 12 hingga 16 Mei.

Namun masyarakat tidak perlu khawatir, karena Satlantas Lamongan sudah menyiapkan aturan main bagi SIM yang masa berlakunya habis ketika pelayanan sedang ditiadakan.

Menurut Fybrien, pihaknya memberikan dispensasi bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 12 sampai 16 Mei 2021, dapat melakukan perpanjangan ketika layanan SIM dibuka kembali tanggal 17 Mei.

Tapi perlu dicatat, bahwa kelonggaran perpanjangan SIM yang masa berlakunya habis saat libur lebaran, paling lambat 3 hari sejak layanan SIM dibuka kembali.

“Artinya dapat diperpanjang pada tanggal 17 sampai 19 Mei 2021, dengan mekanisme perpanjangan,” tuturnya.

Jadi SIM yang mati antara tanggal 12 hingga 16 Mei tidak memperpanjang pada 17 hingga 19 Mei, maka mekanismenya diberlakukan seperti pemohon SIM baru.

“Jika melewati tanggal 19 itu, berarti pemohon harus melengkapi syarat administrasi, tes psikologi hingga uji materi dan praktik berkendara,” ucapnya.

Fybrien berharap masyarakat bisa memanfaatkan waktu pelayanan SIM Satlantas Polres Lamongan yang sudah terjadwal usai hari H Idul Fitri 1442 Hijriyah tersebut.

Related Articles