Beranda News TNI-Polri Turun Langsung ke Lokasi Pengungsian Korban Banjir, Antisipasi Penularan Covid-19

TNI-Polri Turun Langsung ke Lokasi Pengungsian Korban Banjir, Antisipasi Penularan Covid-19

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Sinergitas TNI dan Polri mengantisipasi penularan Covid-19 di lokasi banjir Karawang yang semakin meluas terus dilakukan. Protokol kesehatan (prokes) tetap diterapkan meski kondisi sedang darurat.

Selain menembus genangan banjir, sejumlah dapur umum pun didirikan lebih banyak untuk mengantisipasi kerumunan. Selain memberikan jaminan kebutuhan konsumsi korban terdampak banjir dapat terpenuhi.

Polres Karawang dan Kodim 0604 Karawang menerjunkan ratusan anggotanya di sejumlah lokasi banjir. Kehadiran TNI dan Polri juga bertugas mengingatkan warga agar tidak berkerumun dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kapolres Karawang Polda Jabar AKBP Rama Samtama Putra S.I.K.M.H.M.Si, mengatakan bahwa Polres Karawang bersama Kodim 0604 Karawang melakukan aksi bersama membantu pemerintah dalam menangani korban banjir. Pastinya bencana banjir kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena saat ini dalam kondisi Covid-19. TNI dan Polri hadir menjaga agar warga tidak berkerumun dan tetap menjaga jarak.

“Dapur umum didirikan di banyak titik agar warga tidak berkumpul di satu lokasi. Nantinya warga juga tidak perlu mendatangi dapur umum karena petugas akan mengantar langsung. Teknisnya seperti apa, masih dibahas. Namun kita berupaya bagaimana pemberian logistik tidak menimbulkan kerumunan. Karena situasinya baru tanggap darurat sehingga masih pendataan berapa banyak pengungsi dan kebutuhannya.” ungkapnya.

“Saya pastikan pengungsi tidak boleh di satu titik untuk menghindari kerumunan. Karena tugas kami di antaranya menyadarkan masyarakat meski di tengah musibah banjir tetap menjaga protokol kesehatan. Polisi juga sudah mengirim perahu karet untuk mengevakuasi warga. Namun karena masih terbatas evakuasi difokuskan kepada manula dan anak-anak. “Ya nantinya situasional saja, tapi sementara kita evakuasi manula dan anak-anak,” pungkas Kapolres Karawang.

Related Articles