Beranda Kegiatan Tingkatkan Kemampuan, Satlantas Bersama Dinas Kesehatan Pasuruan Gelar Pelatihan Pertolongan pada Korban Kecelakaan

Tingkatkan Kemampuan, Satlantas Bersama Dinas Kesehatan Pasuruan Gelar Pelatihan Pertolongan pada Korban Kecelakaan

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satuan Laka Lantas Polres Pasuruan Kota menggandeng Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dalam menangani kecelakaan lalu lintas. Korban kecelakaan diharapkan bisa ditolong dengan cepat. Simulasi kerja sama itu dilakukan Kamis (3/2) di Jalan Niaga Kota Pasuruan.

Simulasi diawali dengan seorang petugas yang berpakaian preman mengendarai motor. Dia terlibat kecelakan. Setelah itu, datang rombongan polisi dan petugas kesehatan. Mereka langsung melakukan penanganan pertama di lokasi agar korban terselamatkan.

Korban diperiksa terluka di bagian mana, lalu diperban. Bagian yang patah diberi penyanggah. Setelah selesai, baru dimasukan ke ambulans untuk diberi pertolongan lanjutan di rumah sakit.

Kasatlantas Polres Pasuruan Kota AKP Yudiono mengatakan, simulasi itu merupakan kegiatan program unit laka yang terkoneksi dengan pemkot melalui PSC 119. Kedua instansi itu langsung menuju lokasi untuk melakukan tugas masing-masing ketika ada kejadian.

”Langsung mendatangi TKP dan menjadi satu tim untuk melakukan penanganan,” katanya.

Yudi menjelaskan, Dinas Kesehatan dan Satlantas merupakan pilar keselamatan nasional dalam penanganan pasca kecelakaan dengan cepat. Sehingga korban bisa tertolong.

“Dengan ini masyarakat korban kecelakaan akan mendapatkan pertolongan dengan cepat,” jelasnya.

Related Articles