Beranda Kegiatan Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas, Korlantas Polri Gelar Rakor Wujudkan Polantas yang Presisi

Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas, Korlantas Polri Gelar Rakor Wujudkan Polantas yang Presisi

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Korlantas Polri melalui Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) menggelar rapat koordinasi fungsi Kamsel Korlantas Polri Tahun Anggaran 2022 dengan mengusung tema “Revitalisasi Fungsi Kamsel Guna Mewujudkan Polantas yang Presisi”. Rakor fungsi Kamsel Korlantas Polri tahun 2022 ini diadakan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Dalam pemaparannya, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen. Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si menyebut polantas dalam kamsel yang presisi di era digital menuntut adanya pelayanan yang profesional, cerdas dan bermoral.

“Akselerasi menuju polantas yang presisi ini kita berharap menjadi profesional, cerdas, bermoral. Profesional yang ahli, cerdas kreatif dan inovatif, bermoral dibangun atas dasar kesadaran, tangung jawab dan disiplin dan model ini dinamis.” kata Chryshnanda kepada para peserta.

“Dengan kemajuan teknologi, mau tidak mau kita juga harus menggeser paradigma dengan mengembangkan konsep-konsep yang mendasar, yang berkaitan dengan road safety policing,” tambahnya.

Dalam rapat tersebut Chryshnanda menekankan kepolisian dibidang lalu lintas diharapkan dapat mewujudkan dan memelihara lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar.

“Pekerjaan kita semua adalah berupaya untuk meningkatan kualitas keselamatan, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, membangun budaya tertib, serta adanya pelayanan yang prima pada lalu lintas angkutan jalan, yaitu pelayanan keamanan, keselamatan, pelayanan hukum, pelayanan administrasi dan transformasi.” terangnya

Chryshnanda menjelaskan Korlantas Polri telah membangun sistem IT dengan adanya back office, aplikasi dan network yang berbasis artificial intelegen internet of think, dan semua ini merupakan bagian yang saling terintegrasi bagaimana untuk mencapai tujuan untuk meningkatkan kualitas keselamatan, menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan, terbangunnya budaya tertib, memberikan pelayanan yang prima di bidang road safety atau bidang lalu lintas angkutan jalan yang aman selamat tertib dan lancar. Serta standar yang prima, cepat, tepat, akurat transparan, akuntabel, informatif dan mudah diakses.

“Kita sudah mempunyai Traffic Manajemen Center sebagai back office besar, maka giliran digital yang tergabung dalam back office aplication yang berbasis intelegen atau hal-hal lainnya yang bisa membantu sistem analisa dan juga network yang berbasis IOP atau internal project. Semua nantinya akan menghasilkan suatu algoritma yang berupa infografis, info statistik dan info virtual untuk mengantisipasi dan memprediksi serta memberi solusi,” jelasnya.

IT for road safety akan mendukung kelima pilar yaitu traffic management center untuk mendukung road safety management, safety and security center untuk mendukung server road, elektronik registrasi dan identifikasi untuk mendukung server vehicle, dan safety driving center untuk mendukung server people dan ada intelegen traffic analisis.

“Kelima point tersebut akan dijabarkan masing-masing tugas salah satunnya pada penegakan hukum yaitu melalui penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas. Maka dengan sistem elektronik ini akan ada catatan digital, maka dari digital recorcd ini akan mengembangkan program trafic atitude record atau catatan pelanggaran perilaku berlalu lintas”. pungkas Chryshnanda.

Adapun rapat tersebut dihadiri oleh Pejabat Utama Korlantas Polri diantaranya Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Arman Achdiat, Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Indra Jafar, dan para Subdit jajaran Polda se- Indonesia serta para stakeholder.

Related Articles