Beranda Headlines Tiga Sosok Polisi Dinobatkan Hoegeng Award 2022

Tiga Sosok Polisi Dinobatkan Hoegeng Award 2022

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Hoegeng Awards 2022 mencari sosok polisi dengan tiga kategori, yakni Polisi Berintegritas, Polisi Inovatif, dan Polisi Berdedikasi. Tiga kategori Hoegeng Awards tersebut didapatkan lewat proses diskusi panjang melibatkan berbagai pihak, mulai dari keluarga almarhum Jenderal Hoegeng, Divisi Humas Mabes Polri, Posko Presisi Polri, hingga Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022.

Adapun Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 adalah Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, dan Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova.

Proses pencarian polisi teladan dimulai dari 14 Maret hingga 9 Mei 2022. Puluhan ribu pembaca detikcom merespons program Hoegeng Awards 2022 ini dengan mengajukan kandidat polisi terbaik versinya.

Lalu, detikcom melakukan seleksi awal para kandidat penerima Hoegeng Awards 2022 dengan kriteria awal yang telah ditetapkan, salah satunya adalah pengecekan rekam jejak di Posko Presisi Polri. Pada tahapan selanjutnya, kandidat yang lolos seleksi awal dibagi menjadi tiga kategori dan Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 pada akhirnya memilih 3 penerima penghargaan diantaranya penerima Hoegeng Awards 2022 yaitu Aipda Rohimah, Brigjen Eko Rudi Sudarto, dan Irjen Akhmad Wiyagus.

Aipda Rohimah
Menurut warga, Aipda Rohimah merupakan polwan yang berjiwa sosial tinggi dan hidup sederhana. Kanit Binmas Polsek Muara Gembong itu juga dinilai sebagai polisi yang patut diteladani.

Aipda Rohimah memang dikenal sebagai sosok polisi yang berjuang membantu kaum jompo kurang beruntung. Dia menggulirkan program Geserin. Geserin adalah singkatan dari Gerakan Seribu Koin. Program itu digulirkan Aipda Rohimah selaku Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Muara Gembong.

Brigjen Eko Rudi Sudarto
Brigjen Eko Rudi Sudarto dianugerahi Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Inovatif. Ia adalah polisi yang telah berupaya memenangkan hati dan pikiran warga Papua agar warga tidak tertarik pada propaganda kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Wakapolda Papua itu dikenal sebagai polisi yang berhasil menjalankan pemberdayaan sosial warga, bahkan di sarang KKB. Dia mengedepankan cara sosial-kemanusiaan, bukan dengan angkat senjata.

Salah satu cara sosial-kemanusiaan yang dilakukan Brigjen Eko adalah dengan memberi pelatihan ternak kepada warga Papua. Utamanya, ternak babi. Agama Islam yang dianut Eko tak menghalanginya untuk memberdayakan masyarakat Papua dengan hewan yang memang biasa dipelihara di Papua itu.

Irjen Akhmad Wiyagus
Irjen Akhmad Wiyagus dianugerahi Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas. Saat awal diusulkan menjadi kandidat Hoegeng Awards 2022, Irjen Akhmad Wiyagus adalah Kapolda Gorontalo. Namun kini, ia dipindahtugaskan menjadi Kapolda Lampung.

Polisi 54 tahun itu merupakan mantan penggawa KPK. Irjen Wiyagus dikenal bawahan dan koleganya sebagai sosok polisi yang antisuap dan tidak bisa dinego. Karena itulah ia dipilih Dewan Pakar masuk menjadi kandidat hingga akhirnya didapuk menerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas.

Related Articles