Beranda Lalu Lintas Tekan Pelanggaran dan Kecelakaan, Satlantas Polres Wonogiri Pasang Replika Petugas di Jalan

Tekan Pelanggaran dan Kecelakaan, Satlantas Polres Wonogiri Pasang Replika Petugas di Jalan

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Wonogiri-Sukoharjo dikejutkan dengan adanya mobil patroli plus petugas Satlantas di tepi jalan.

Mobil patroli plus petugas Satlantas itu memang hanya replika. Namun ada tujuan tertentu dibalik pemasangan replika mobil patroli plus petugas Satlantas itu.

Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Marwanto, Minggu (27/2/2022) menyebutkan memasang sebuah replika mobil patroli lengkap beserta anggota polisi di jalan raya Wonogiri-Sukoharjo tepatnya di dekat tugu perbatasan dua kabupaten itu di Nambangan Kecamatan Selogiri Wonogiri.

Replika tersebut memang sangat mirip dengan mobil patroli asli dengan seorang anggota polisi yang sedang berjaga.

AKP Marwanto menuturkan pemasangan replika tersebut bertujuan pengendara yang melintas lebih tertib dan berhati-hati.

“Yang utama adalah membuat pengguna jalan lebih berhati-hati, fokus dan konsentrasi saat mengemudikan kendaraan,” kata Kasatlantas.

Menurut Marwanto, tak bisa dipungkiri ketika ada petugas, pengguna jalan akan lebih berhati-hati dan tertib mematuhi peraturan lalu lintas.

Selain karena di perbatasan, kata dia, pertimbangan pemasangan replika mobil patroli di jalan raya Wonogiri-Sukoharjo adalah di wilayah Nambangan merupakan blackspot atau titik rawan kecelakaan.

Dia menjelaskan, kontur jalan di lokasi pemasangan replika mobil patroli tersebut halus, lebar berkelok dan ada juga yang lurus sehingga pengguna jalan sering memacu kecepatannya.

“Harapannya nanti dari kejauhan sudah melihat replika mobil yang seperti aslinya, pengendara bisa mengurangi kecepatan dan lebih tertib,” terang Marwanto.

Pemasangan replika mobil patroli lengkap beserta anggota polisi itu juga direncanakan akan dilakukan di titik-titik perbatasan, mulai dari Kecamatan Purwantoro, Pracimantoro dan titik perbatasan lain.

“Tapi kita akan evaluasi, keberadaan replika itu memengaruhi pengguna jalan atau tidak, dampaknya untuk mengurangi angka kecelakaan bagaimana dan manfaat adanya replika itu,” ujarnya.

Disisi lain, Marwanto mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara serta selalu memakai perlengkapan yang sesuai dengan ketentuan.

Related Articles