Beranda Lalu Lintas Tekan Budaya Tertib Berlalu Lintas, Satlantas Polres Pasuruan Luncurkan ETLE Mobile Incar

Tekan Budaya Tertib Berlalu Lintas, Satlantas Polres Pasuruan Luncurkan ETLE Mobile Incar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satlantas Polres Pasuruan akhirnya merilis ‘Mobil Incar’ yang siap mencari pengguna jalan di Pasuruan yang tidak tertib berlalu lintas.

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Yudhi Anugrah Putra menjelaskan, setelah uji coba dilakukan selama dua pekan, akhirnya mobil incar siap diluncurkan.

Disampaikannya, selama dua pekan uji coba, hasilnya cukup signifikan.

Ia menyebut, masih banyak pengguna jalan yang tidak tertib berlalu lintas.

“Jumlahnya hampir seribu pelanggar. Karena masih uji coba, kami tidak tilang. Tapi, ke depan, tilang sudah mulai diberlakukan,” katanya.

Disampaikannya, mobil incar ini adalah salah satu program inovasi untuk menindaklanjuti instruksi dari Polda Jawa Timur.

“Goalnya adalah, bisa meningkatkan kesadaran dan ketertiban masyarakat terhadap peraturan berlalu lintas. Ada atau tidak ada razia di jalan,” sambungnya.

Menurut Yudhi, sapaan akrab Kasatlantas, pengguna jalan yang melanggar lalu lintas, akan dikenai e-tilang.

E-tilang itu diberikan, bagu pelanggar yang terdeteksi mobil Incar.

Selanjutnya, bagi pengguna jalan yang melanggar akan mendapatkan surat tilang yang via pos ke rumah pemilik motor atau pelanggar tersebut.

“Mereka kemudian diberi waktu, untuk menyelesaikan tilangan tersebut. Maka, jangan kaget, saat ada petugas pos datang dan memberikan surat tilangan,” tutupnya.

Related Articles