Beranda Kegiatan Tanamkan Tertib Berlalulintas Sejak Dini, Satlantas Polres Situbondo Gelar Polisi Sahabat Anak

Tanamkan Tertib Berlalulintas Sejak Dini, Satlantas Polres Situbondo Gelar Polisi Sahabat Anak

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Jajaran Satlantas Polres Situbondo menggagas program baru untuk anak, namanya program Polisi Sahabat Anak.

Sejumlah personil Satlantas serta jajaran polwan siap untuk menuju suatu lokasi khusus di Kabupaten Situbondo. Biasanya yang dituju tempat yang luas dan ada sarana tempat bermain. Sesekali korps Satlantas Polres Situbondo menuju ke sekolah PAUD atau TK di Situbondo. Kadang kala juga menuju sekolah dasar, khusus siswa yang ada di kelas 1. Tujuannya untuk mengenalkan rambu rambu lalu lintas kepada anak usia dini.

“Ini kami menuju ke sebuah tempat anak anak untuk mengenalkan rambu rambu lali lintas kepada mereka,” kata Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Anindita Harcahyaningdyah SIK.

Anindita menambahkan, menanamkan dan mengenalkan rambu rambu rambu lalu lintas sejak dini sangat penting untuk mendongkrak peningkatan pemahaman tata cara berkendara sejak kecil. Selain itu, imbuh Anindita-panggilan karibnya, pengenalan rambu rambu lalu lintas sejak dini juga banyak memiliki sisi positif bagi perkembangan otak anak.

“Ya salah satunya kami (Satlantas Polres Situbondo) menggagas program Polisi Sahabat Anak (PSA) ini,” tegas Anindita.

Program ini, lanjut Anindita, merupakan wujud kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya anak-anak dengan cara memberikan penyuluhan dan pembinaan, sehingga dapat membiasakan kepada anak-anak sejak usia dini untuk tertib berlalu lintas.

“Ya tadi kami mensosialisasikan program Polisi Sahabat Anak di SDN 2 Sumberkolak Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo,” tutur Anindita.

Wanita dengan tiga balok di pundaknya itu menegaskan kegiatan Polisi Sahabat Anak ini berada di Unit Dikyasa Satlantas Polres Situbondo. Kegiatan ini dilaksanakan juga untuk menyebarluaskan penerapan Prokes (Protokol Kesehatan) yang dipimpin Kanit Dikyasa Aiptu Siswanto, Selasa (4/1).

“Kami juga mementingkan program ini demi penguasaan anak atas rambu rambu lalu lintas,” jelas Anindita.

Kasat Lantas AKP Anindita Harcahyaningdyah kembali menuturkan, dengan adanya kegiatan PSA ini diharapkan menjadi ajang kedekatan Polisi dengan anak anak di usia dini dengan harapan anak-anak mengerti tentang rambu-rambu lalu lintas.

“Anak-anak ini dikenalkan dengan rambu-rambu lalu lintas dan juga tata cara berkendaraan dan berperilaku yang benar menurut peraturan dalam berlalu lintas di jalan raya. Misalnya wajib memakai helm bagi pengendara sepeda motor, ” jelasnya.

Selain mengenalkan tentang tata cara berkendara lalu lintas, terang Anindita, Unit Dikyasa juga mengajarkan anak-anak untuk disiplin protokol kesehatan khususnya cara memakai masker dengan benar. Ini karena saat ini masih berada dalam masa Covid-19. Apalagi varian Omicron juga sudah mulai masuk di Indonesia, dan harus dicegah sedini mungkin.

“Hal-hal kecil seperti ini jika dilaksanakan terus menerus dalam kehidupan sehari-hari bagi anak-anak maka akan terbiasa dengan hal hal yang baik pula,” pungkasnya.

Related Articles