Beranda Lalu Lintas Sinergitas Pemkot dan Satlantas Polres Bitung Atasi Gangguan Kamseltibcarlantas

Sinergitas Pemkot dan Satlantas Polres Bitung Atasi Gangguan Kamseltibcarlantas

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Duet Pemerintah Kota Bitung melalui tim Helm Kuning, dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bitung, bergotong royong membersihkan dan angkat material pasir di jalan protokol tepat di persimpangan Kelurahan Wangurer Timur Kecamatan Madidir Kota Bitung Provinsi Sulut.

Persimpangan itu kerap jadi langganan tergenang air bercampur material pasir, hasil luapan dari saluran yang ada disekitarnya. Kondisi itu kerap membuat jalur lalu lintas macet, karena jalan menjadi rusak sehingga kendaraan harus mengurangi kecepatan, atau memilih menghindar lobang di tengah jalan itu.

Kamis (8/4/2021) sore, duet petugas Helm Kuning dan Polisi Lalu Lintas terlihat bahu membahu, membersihkan material pasir yang menutupi jalan. Bahkan petugas helm kuning menggunakan mesin penghancur dan polisi lalu lintas pakai alat berat loader, untuk membersihkan material pasir. Petugas lalu lintas juga mengurai kemacetan yang terjadi, bersamaan dengan curah hujan yang mengguyur.

Menurut Ruddy Theno keberadaan petugas helm kuning sebagai gerbarakan pemerintahan Kota Bitung, yang dipimpin Wali kota Ir Maurits Mantiri M.M dan Wakil Walikota Hengky Honandar S.E., akan fokus di sektor pembangunan, secara perlahan namun pasti mulai Touch Down dengan melakukan inovasi dalam percepatan pelayanan dalam circle program Digital City ke depan.

“Petugas Helm Kuning akan menggenjot program 100 hari Maurits-Hengky yang dikoordininasi Dinas PUPR Bitung. Petugas Helm Kuning ini hadir untuk merespon dan menangani keluhan masyarakat terkait jalan rusak di Kota Bitung dengan cepat via digital media sosial,” tutur Rudy Theno Kepala Dinas PUPR Kota Bitung, Kamis (8/4) malam.

Adapun cara untuk bisa memanggil tim Helm Kuning ini, jika ada warga yang melihat ada jalan berlubang yang membahayakan yang harus cepat diperbaiki. Warga cukup memfoto lokasi atau titik jalan yang rusuk, kemudian Upload ke media sosial (media) facebook dan instagram Konsultasi Pelayanan Publik Pemkot Bitung (KP3B) lengkap dengan alamat serta cantumkan #helmkuning.

“Maka pemilik akun KP3B akan meneruskan ke Tim Helm Kuning untuk secepatnya akan menuju ketitik lokasi yang akan diperbaiki jalan yang berlubang tersebut,” urainya.

Dia menambahkan bahwa tujuan dari dibentuknya Helm Kuning ini selain memperkuat dan memperkokoh akan konstruksi Program terkait Digital City Maurits-Hengky.

“Hal ini juga sebagai upaya Fasting Service Exellent (Pelayanan Yang Cepat Secara terbaik) untuk menyenangkan hati rakyat Bitung yang tercinta dalam hal pembangunan khususnya jalan rusak berlubang yang belum terjangkau secara persis oleh Dinas PUPR Bitung.

Sementara itu, Kasatlantas AKP Awaludin Puhi SIK langsung berinisiatif untuk mendatangkan alat Berat jenis Loader untuk mengangkat pasir yang sudah meluap sampai ke jalan. Kondisi genangan air dan material pasir di tengah jalan, membuat arus lalu lintas sempat terhenti sejenak, karena disetop petugas Lantas Polres, yang sedang mengatur alat berat Loader melakukan pembersihan material pasir, pengadaan alat berat untuk penanggulangan banjir Pasir adalah insiatif pihaknya.

“Ya memang untuk penangulangan banjir pasir yang juga dihadirkan alat berat, merupakan inisiasi sendiri dari kami pihak Lantas Polres Bitung,” kata AKP Awaludin Puhi Kasatlantas Polres Bitung.

Langkah ini dilakukan, agar ketika dibiarkan akan rawan terjadi hal-hal yang negatif bagi setiap kendaraan yang lewat.

Related Articles