Beranda News Seorang Warga Tewas Tertimbun Longsor di Tasikmalaya

Seorang Warga Tewas Tertimbun Longsor di Tasikmalaya

oleh nur aini

NTMC POLRI – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang berlangsung lama pada Kamis (5/11), sekitar pukul 00.30 WIB menyebabkan longsor di Desa Parung, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya melaporkan ada empat warga tertimbun longsor. Dari keempat korban tersebut, satu warga meninggal atas nama Bubun berusia 45 tahun, sedangkan satu orang mengalami luka-luka dan dua lainnya berhasil selamat.

BPBD setempat juga melaporkan, akibat bencana tersebut jalan penghubung antara Tasikmalaya dan Karangnunggul tertimbun material longsor. Kondisi ini mengganggu arus lalu lintas. Secara umum situasi pascalongsor sudah kondusif.

Wilayah Kabupaten Tasikmalaya termasuk wilayah dengan kategori sedang hingga tinggi untuk bahaya tanah longsor. Sebanyak 35 kecamatan berada pada kategori tersebut dengan luas bahaya mencapai 103.840 hektar, sedangkan jumlah populasi pada kecamatan tersebut sebanyak 269.488 jiwa.

BNPB mengimbau masyarakat terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang. Wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan yang dipengaruhi fenomena La Nina.

Dampaknya dapat memicu curah hujan lebih tinggi. Kesiapsiagaan dan kewaspadaan dibutuhkan setiap keluarga untuk mengantisipasi dan menghindar dari potensi bahaya.

Related Articles