Beranda Nasional Selain Smart City, Korlantas Siapkan Safety Driving Center di Kota Surakarta

Selain Smart City, Korlantas Siapkan Safety Driving Center di Kota Surakarta

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi meninjau persiapan aplikasi Smart City di Polres Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Kamis (13/1).

Dalam kunjungannya itu Firman didampingi oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Firman terlihat duduk bersebelahan dengan Gibran di Traffic Management Centre (TMC) Polresta Surakarta.

Smart City dapat diartikan sebagai kota cerdas dengan pendekatan Kepolisian Lalu Lintas dengan slogan ‘Smart Living Smart Mobility’. Menurut Firman, aplikasi tersebut sebagai dedikasi Polri untuk pelayanan publik.

“Kita akan mencoba menerapkan aplikasi-aplikasi yang mendukung kelancaran pelayanan masyarakat, khususnya di Surakarta. Kita akan mem-back-up dengan menambah sistem di lapangan,” kata Firman lewat keterangannya.

Firman menyebut, di dalam aplikasi tersebut Korlantas dan pihak berwenang lainnya akan membangun pusat komunikasi, koordinasi, dan informasi di tiap daerah

Selain Smart City, Korlantas Polri juga akan menghadirkan Safety Driving Centre. Tujuannya untuk melakukan monitoring dan mendukung terciptanya keamanan lalu lintas bagi para pengguna jalan.

“Ini perlu dukungan masyarakat secara penuh,” ujar Firman.

Lebih lanjut, Firman berharap dengan hadirnya aplikasi tersebut dapat melibatkan dan membantu masyarakat dalam kelancaran lalu lintas.

“Masyarakat bisa berperan aktif menjadi peserta lalu lintas, yang kita harapkan bukan karena dikontrol oleh sistem dan kamera, tapi memang betul-betul siap untuk jadi pemakai jalan,” ungkap Firman.

Related Articles