Beranda Lalu Lintas Satlantas Polresta Bandar Lampung Gelar Sosialisasi ETLE Kepada Pengguna Jalan

Satlantas Polresta Bandar Lampung Gelar Sosialisasi ETLE Kepada Pengguna Jalan

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Kota Bandar Lampung mensosialisasikan mekanisme penggunaan perangkat Electrical Traffic Law Enforcement (ETLE). Kegiatan itu turut dihadiri oleh perwakilan sejumlah instansi pemerintah mulai dari TNI, Pol AL, Marinir, Propam Polda Lampung, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan di Mapolresta Bandar Lampung.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Lampung, AKBP Benny Prasetya, mengatakan, kesiapan penggunaan ETLE sudah rampung seratus persen. Namun Satlantas Polresta Bandar Lampung akan lebih dulu, melakukan uji coba di awal Maret 2021.

“Sengaja kita lakukan uji coba, supaya masyarakat Bandar Lampung tahu terlebih dahulu, bagaimana perangkat ETLE ini bekerja dan mekanismenya seperti apa,” jelasnya, Jumat (26/2/2021).

AKBP Benny menerangkan, perangkat ETLE di Mapolresta Bandar Lampung sudah siap digunakan mulai dari ruangan, perangkat, hingga kesiapan personel dan akan resmi diluncurkan, Rabu (17/2/2021) mendatang.

“Ini sebagai langkah kita, dalam menyongsong Kota Bandar Lampung di era kemajuan digital. Tapi tentunya saya ingatkan, ini kita akan sosialisasikan dulu pada masyarakat,” tegasnya.

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP Rafly Yusuf Nugraha menerangkan, ada mekanisme penerapan ETLE dalam rangka uji coba di Kota Bandar Lampung. Pihaknya akan melakukan tes pelanggaran lalu lintas.

Itu merujuk pelanggaran terekam oleh kamera yang terpasang di beberapa ruas jalan protokol Kota Bandar Lampung. Selanjutnya, melalui nomor polisi kendaraan bermotor tersebut, petugas Satlantas Polresta Bandar Lampung bakal mengirimkan surat pelanggaran, sesuai alamat kepemilikan kendaraan yang terdaftar.

“Maka dari itu, yang sudah menjual kendaraannya baiknya segera meminta untuk balik nama. Nanti juga sudah ada barcode yang tertera di surat, bisa discan untuk melihat pelanggaran yang dilakukan. Jadi kalau ada pengendara yang ngeyel kekeh tidak melanggar, kita bisa buktikan lewat video,” ucap AKP Rafly.

AKP Rafly menuturkan, terdapat 15 kamera perangkat ETLE di yang dipasang di Kota Bandar Lampung. Rinciannya, 10 kamera pemantau dan 5 kamera inti ETLE.

Adapun 5 kamera ETLE tersebut ditempatkan di jalan Simpang Tamin, Rumah Makan Garuda, Rumah Makan Begadang Resto II, Ki Maja Sutan Agung, dan jalan Pagar Alam tepatnya depan Universitas Bandar Lampung (UBL).

“Insaallah ke depannya ETLE bakal menyusul disudut-sudut Kota Bandar Lampung lainnya,” tandas AKP Rafly.

Related Articles