Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Tulungagung Mulai Berlakukan ETLE Mobile Incar

Satlantas Polres Tulungagung Mulai Berlakukan ETLE Mobile Incar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Mobil Incar Satlantas Polres Tulungagung hari ini telah siap beroperasi di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Mobil incar tersebut beroperasi secara mobile yang merupakan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang mampu menangkap meng-capture pelanggaran lalulintas yang dilakukan oleh kendaraan roda 2 (R2) maupun mobil/roda 4 (R4).

“Hari ini Alhamdulillah kita untuk mobil Incar sekarang sudah siap kita gunakan di Tulungagung. Mobil Ini adalah ETLE secara mobile artinya bisa meng-capture pelanggaran yang ditangkap melalui kamera yang ada di atas mobil itu, pelanggaran baik itu roda 2 maupun roda 4,” ujar Kasat Lantas AKP Muhamad Bayu Agustyan, Selasa (19/4/2022) pagi.

Pelanggaran untuk pengendara roda dua misalnya yang tidak menggunakan helm, kemudian roda 4 tidak menggunakan sabuk pengaman, melanggar marka, kendaraan overload kemudian juga pelanggaran kendaraan yang berhenti tidak menggunakan segitiga pengaman.

“Mobil ini kalau beroperasi kurang lebih 5 menit berjalan itu kurang lebih bisa melakukan penangkapan pelanggaran lalu lintas 120 kendaraan,” imbuh AKP Bayu menerangkan.

Mobil Incar nanti akan menyasar daerah-daerah ataupun lokasi yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas.

“Harapannya apa, kalau sudah banyak yang dilakukan penilangan nanti, diharapkan nanti kondisi di Tulungagung semuanya bisa tertib berlalu lintas,” sambungnya.

AKP Bayu menjelaskan, penindakan tilang dari mobil Incar ini sama dengan tilang ETLE yang ada di perempatan lampu merah Tamanan.

“Jadi nanti konfirmasi pelanggaran akan kita kirimkan ke rumah pelanggar nanti pelanggar tinggal mau konfirmasi apakah yang bersangkutan melanggar atau tidak,” jelasnya.

“Kalau tidak melanggar ya tidak melanggar kalau melanggar ya melanggar. Kalau tidak nanti tentunya akan dilakukan pemblokiran di surat ataupun STNK kendaraan tersebut atau mungkin biasanya kalau tidak mengkonfirmasi itu karena kendaraan sudah dijual mungkin dan lain sebagainya,” timpal AKP Bayu.

Lebih lanjut AKP Bayu menyampaikan, sebelumnya yaitu kemarin sudah dilakukan uji coba dengan hasil ratusan pelanggar ter-capture oleh mobil InCar dan hari ini siap beroperasi dengan memulai penindakan.

“Hari ini sudah kita gunakan untuk beroperasi, kemarin sudah kita uji coba itu ada kurang lebih 230 pelanggaran yang ter-capture. Hari ini kita juga akan mulai melakukan penindakan di wilayah Tulungagung,” tutupnya.

Related Articles