Beranda Nasional Satlantas Polres Tegal Perketat Penjagaan dan Siapkan Swab Antigen Bagi Warga Luar

Satlantas Polres Tegal Perketat Penjagaan dan Siapkan Swab Antigen Bagi Warga Luar

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Operasi pengetatan pemudik kembali digelar Polres Tegal di rest area KM 275 A Desa Penarukan, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Senin (26/4/2021). Polisi juga melakukan rapid test antigen terhadap pemudik yang beristirahat.

Wakapolres Tegal, Kompol Didi Dewantoro, mengatakan pengetatan ini adalah untuk pencegahan penyebaran COVID-19. Untuk itu, setiap pemudik yang singgah di rest area KM 275 A Desa Penarukan, Kecamatan Adiwerna Tegal, menjalani pemeriksaan.

“Operasi Keselamatan Candi 2021 sebenarnya selesai pada malam tadi pukul 00.00 WIB. Namun atas perintah pimpinan, yakni Bapak Kapolda, pengetatan tetap dilakukan di Posko Tangguh Rest Area Adiwerna,” katanya didampingi Kasatlantas Polres Tegal, AKP Dwi Himawan Chandra.

Sebelum memasuki rest area, petugas gabungan dari Satlantas Polres Tegal bersama TNI dan Satpol PP Kabupaten memeriksa satu persatu kendaraan. Mulai dari surat surat kendaraan, pengecekan protokol kesehatan bagi pemudik serta surat jalan atau keterangan sehat.

Jika kedapatan tidak membawa surat keterangan sehat, maka pemudik yang bersangkutan diharuskan menjalani swab antigen.

Pada saat pengecekan petugas juga mendapati seorang Warga Negara Asing (WNA) China yang tengah melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Kabupaten Batang. WNA tersebut pun diharuskan menjalani swan antigen di Posko Tangguh yang ada di rest area tersebut.

Seorang WNA asal China menjalani swab antigen di Posko Tangguh Rest Area KM 275 A Tol Pejagan – Pemalang, Desa Penarukan Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Senin (26/4/2021).

“Semua hasilnya negatif. Untuk WNA ini bekerja di PLTU Batang. Ia mau pulang ke negaranya, namun sampai ke Bandara di Jakarta, ia diminta kembali ke Batang,” ungkapnya.

Jika nantinya ada pemudik yang menjalani test antigen dinyatakan positif, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat untuk dilakukan swab. Selain itu, juga harus menjalani karantina.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan (Dinkes), dan untuk mengantisipasi pemudik yang positif,” ujarnya.

Ditanya soal arus mudik, Kompol Didi mengatakan saat ini sudah terlihat beberapa pemudik yang melintas di ruas Tol Pejagan-Pemalang. Namun untuk kondisi arus lalu lintas di ruas tol tersebut masih lengang.

“Ya sudah ada beberapa warga yang mudik lebih awal. Ini di mungkin karena mereka menghindari adanya penyekatan berkaitan dengan larangan mudik,” jelasnya.

Related Articles