Beranda News Satlantas Polres Ponorogo Amankan Puluhan Kendaraan Saat Razia Balap Liar

Satlantas Polres Ponorogo Amankan Puluhan Kendaraan Saat Razia Balap Liar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Puluhan kendaraan yang diduga akan digunakan untuk balap liar berhasil diamankan Satlantas Polres Ponorogo, dalam patroli Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) pada Minggu (4/11/2022) dini hari. 

Kasat lantas Polres Ponorogo AKP Affan Priyo Wicaksono mengatakan bahwa sedikitnya ada 40 kendaraan R2 yang tidak sesuai spektek berhasil diamankan dalam patroli tersebut. 

Dikatakan, kendaraan yang diamankan mayoritas menggunakan knalpot brong serta tidak memiliki surat kendaraan.

“Banyak laporan dari masyarakat yang terganggu oleh aktivitas balap liar, terlebih suara dari kenalpot brong,” ungkap Affan, seusai memimpin razia balap liar.

Seusai diamankan di Mapolres Ponorogo, para pemilik kendaraan tersebut langsung ditindak di  tempat dengan diberikan surat tanda penyitaan (STP) kendaraan. 

Mereka juga wajib menandatangani surat bermaterai untuk tidak mengulangi, serta menghadirkan orang tua dalam proses pengambilan kendaraan nantinya.

“Kendaraan bisa diambil setelah dikembalikan sesuai spekteknya, jika kenalpot brong ya wajib dikembalikan sesuai standar begitu juga kelengkapan lainnya,” imbuh Affan.

Affan menambahkan bahwa mayoritas yang terjaring razia tersebut merupakan pelajar yang masih dibawah umur. Pun, mereka juga tidak memiliki SIM serta surat surat kendaraan.

“Kita terus lakukan operasi seperti ini, karena balap liar tentu merugikan banyak pihak terlebih untuk menekan angka kecelakaan lalulintas dan kriminal, apalagi bagi mereka yang masih dibawah umur,” tandas mantan pebola voli nasional itu. 

Related Articles