Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Pamekasan Amankan 400 Motor Balap Liar

Satlantas Polres Pamekasan Amankan 400 Motor Balap Liar

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satlantas Polres Pamekasan, Madura mengamankan 400 motor milik pemuda yang hendak balap liar.

Ratusan motor itu diamankan saat melakukan operasi gabungan di sejumlah jalan raya yang sering dijadikan lokasi balap liar.

Kasatlantas Polres Pamekasan, AKP Deddy Eka Aprianto menjelaskan, pihaknya bersama tim gabungan dari personel Sabhara, Polsek, dan Satlantas selalu menempatkan petugas di sejumlah jalan raya tertentu yang sering dijadikan lokasi balap liar oleh pemuda Pamekasan.

Kata dia, jalan raya yang sering dijadikan lokasi balap liar di antarannya, Jalan Kabupaten, Jalan Jalmak, sepanjang Jalan Asem Manis, dan Jalan Jokotole depan SMPN 5 Pamekasan.

“Itu yang kita tempatkan personel di bawah kendali Bag Ops,” kata AKP Deddy Eka Aprianto, Sabtu (26/3/2022).

Berdasarkan catatan penindakan yang pernah dilakukan, selama tahun 2021 terdapat sekitar 150 motor yang ditilang oleh Satlantas Polres Pamekasan ketika hendak melakukan balap liar.

Sedangkan pada operasi cipta kondisi tahun 2021 lalu, pihaknya mengamankan sebanyak 134 motor yang hendak dipakai balap liar saat jelang pergantian tahun.

Menurut AKP Deddy, bila diakumulasikan, hingga saat ini pihaknya telah mengamankan sekitar 400 motor milik pemuda Pamekasan yang hendak balap liar.

Ratusan motor itu hasil dari keseluruhan operasi gabungan di sejumlah lokasi jalan raya yang sering dijadikan tempat balap liar.

“Para pebalap liar itu cenderung cerdik, setelah tahu ditempati petugas di jalan raya tertentu, para pebalap liar ini pindah ke jalan raya lain,” ujarnya.

AKP Deddy juga mengungkapkan, dalam upaya menekan terjadinya balap liar ini, anggotanya intens melakukan edukasi ke sejumlah sekolah, dan komunitas motor.

Edukasi yang diberikan berupa patuh dalam berkendara dan berlalu lintas di jalan raya.

Serta pemuda diimbau untuk menghindari melakukan balap liar.

Sebab bila kecelakaan saat melakukan balap liar bisa berakibat fatal yang berujung pada kematian.

Selain itu, tidak dapat jaminan asuransi.

“Hingga saat ini kami tetap semangat untuk mengedukasi para generasi muda agar tidak kebut-kebutan dan balapan liar. Ini semua demi keselamatan diri sendiri dan banyak orang,” pesannya.

Related Articles