Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Manggarai Barat Ajak Wisatawan Tertib Berlalu Lintas

Satlantas Polres Manggarai Barat Ajak Wisatawan Tertib Berlalu Lintas

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satlantas Polres Manggarai Barat (Mabar), melakukan edukasi dan sosialisasi tertib berlalu lintas bagi pelaku pariwisata di Labuan Bajo, Kamis 18 Agustus 2022.

Edukasi dan sosialisasi dilakukan bagi manajemen dan staf Komodo Harbour Hotel di Jalan Soekarno-Hatta Bawah, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Mabar.

Kegiatan tersebut dipimpin Kanit Kamsel Satlantas Polres Mabar, Ipda Istiyaningrum Kemala Sari didampingi sejumlah personel.

Sosialisasi yang dilakukan menekankan aspek pentingnya kesadaran berlalu lintas serta kelengkapan berkendara bagi para pelaku pariwisata. Manager Harbour Komodo Hotel, Kristanti Dua Lodan menyambut baik kegiatan tersebut.

Menurutnya, pendekatan yang dilakukan pihak kepolisian sangat humanis dan kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi perkembangan pariwisata di Labuan Bajo.

“Kami sangat merasa nyaman karena pendekatan yang dilakukan aparat atau pihak kepolisian lebih Ramah, Kami sangat berkesan. Kami bersama staf sangat merasa bermanfaat atas kunjungan ini, lebih tahu berkendara yang baik dan benar seperti apa,” ungkapnya.

Kesadaran berlalu lintas dari pelaku pariwisata dan masyarakat, lanjut dia, bukan saja demi keselamatan pengendara kendaraan bermotor, namun akan menjadi contoh baik bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo.

“Menurut saya kalau orang-orang di sini mengerti atau paham bagaimana berlalu lintas atau berkendara maka akan mendukung kenyamanan dari para wisatawan. Kalau mereka lihat kita sudah Tertib berlalu lintas pasti mereka akan contoh,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, kesadaran berlalu lintas seluruh lapisan masyarakat di daerah itu semakin meningkat.

“Semoga Labuan Bajo semakin lebih aman, nyaman untuk berlalu lintas, sehingga wisatawan yang datang ke sini lebih nyaman,” katanya.

Kasat Lantas Polres Mabar, Iptu Royke Weridity melalui Kanit Kamsel Satlantas Polres Mabar, Ipda Istiyaningrum Kemala Sari mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas, sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di daerah itu.

“Kami sosialisasi untuk tertib berlalu lintas untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di labuan Bajo, agar angka kecelakaan menjadi zero accident atau meminimalisir,” katanya.

Edukasi dan sosialisasi konsisten dilakukan bukan hanya kepada para pelaku pariwisata di Labuan Bajo, namun bagi seluruh lapisan masyarakat di Manggarai Barat.

Untuk pelaku pariwisata, lanjut Ipda Istiyaningrum Kemala Sari, sosialisasi dilakukan agar kesadaran tertib berlalu lintas menjadi budaya demi pengembangan sektor pariwisata di Labuan Bajo.

Selanjutnya, budaya tertib berlalu lintas dan kesadaran untuk melengkapi kelengkapan berkendara oleh masyarakat dan pelaku pariwisata dapat menjadi contoh bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo

“Masyarakat labuan Bajo menjadi contoh karena Labuan Bajo merupakan kota pariwisata super premium, jadi akan ada banyak sekali wisatawan dari luar negeri dan dalam negeri melihat kita. Jadi saya ingin masyarakat labuan Bajo tertib berlalu lintas, agar wisatawan yang datang langsung melihat bahwa masyarakat Labuan Bajo tertib berlalu lintas dan menjaga keselamatan dalam berlalulintas,” katanya.

Related Articles