Beranda Nasional Satlantas Polres Mabar Luncurkan Lagu Tertib Berlalu Lintas di HUT Lantas ke 66

Satlantas Polres Mabar Luncurkan Lagu Tertib Berlalu Lintas di HUT Lantas ke 66

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satlantas Polres Manggarai Barat (Mabar) meluncurkan sebuah lagu untuk mengedukasi masyarakat agar lebih tertib dalam berlalulintas, Rabu 22 September 2021.

Peluncuran lagu berjudul Dharmakerta Marga Raksyaka, ciptaan Kasat Lantas Polres Mabar, Iptu Royke Weridity itu, dilakukan dalam acara puncak Hari Ulang Tahun Lalu Lintas (HUT Lantas) ke-66 tahun 2021, di Kantor Satlantas Polres Mabar.

Pengambilan video untuk lagu yang dibawakan Band Satlantas Polres Mabar tersebut dilakukan di sejumlah titik di antaranya Mapolres Mabar, beberapa ruas jalan utama di Labuan Bajo dan objek wisata Bukit Silvia.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si melalui Kasat Lantas, Iptu Royke Weridity mengatakan, lagu yang dibawakannya merupakan sarana edukasi bagi masyarakat untuk tertib berlalulintas.

Selain itu, dalam lirik lagu menunjukkan bahwa polisi lalulintas berkomitmen untuk menjadi pelayan masyarakat.

“Lagu ini mengisahkan kami yang selalu berada di jalan, karena tugas kami di jalan, baik itu kecelakaan atau apapun. Lagu ini juga berisi pesan moral. Lagu ini menceritakan kehidupan lalulintas di jalan, mungkin ada yang senang dan ada yang tidak senang, tapi kami selalu ada dan hadir untuk melayani masyarakat,” paparnya.

Diakuinya, edukasi bagi masyarakat melalui lagu merupakan inovasi yang baru dilakukan agar masyarakat lebih sadar tertib berlalulintas dan lebih dekat dengan aparat Polantas.

Pemilihan lokasi pengambilan lagu, lanjut Royke, sengaja dilakukan di beberapa destinasi wisata. Hal tersebut merupakan bagian dari promosi pariwisata oleh kepolisian.

“Labuan Bajo kita tahu sebagai Destinasi Super Prioritas, bahkan mendapatkan label super premium serta menjadi perhatian banyak pihak. Saya tekankan kepada personel saya agar pelayanan kepada masyarakat harus super premium. Baik pelayanan ataupun apa saja terkait lalulintas,” katanya.

“Untuk Kawasan tertib lalulintas akan direkayasa bersama Dishub Pemprov NTT, sehingga wisatawan yang datang ke sini betul-betul merasa nyaman. Kami berusaha agar kamseltibcar berjalan. Lagu ini kami buat sekaligus edukasi masyarakat agar pesan langsung kena,” tambahnya.

Sementara itu, rangkaian kegiatan telah dilakukan Satlantas Polres Mabar hingga acara puncak HUT Lantas ke-66 tahun 2021.

Sejumlah kegiatan tersebut yakni aksi donor darah, pembagian paket sembako kepada warga kurang mampu dan vaksinasi presisi bagi warga Labuan Bajo.

Related Articles