Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Lampung Selatan Mulai Persiapan Pengamanan Arus Lalu Lintas Libur Natal dan Tahun Baru

Satlantas Polres Lampung Selatan Mulai Persiapan Pengamanan Arus Lalu Lintas Libur Natal dan Tahun Baru

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Polres Lampung Selatan mulai mempersiapkan pengamanan menjelang hari libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Persiapan dari Polres Lampung Selatan berupa rekayasa lalulintas saat masa Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kemudian Polres Lampung Selatan juga antisipasi munculnya tindakan kriminal selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kini Satuan Lalulintas Polres Lampung Selatan mulai menyusun rekayasa lalulintas sebagai antisipasi lonjakan penumpang saat hari libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Rekayasa lalulintas tersebut tidak berbeda jauh dengan rekayasa saat Idul Fitri 2022 lalu.

Satlantas Polres Lampung Selatan akan memberlakukan kantong parkir di dalam dan di luar pelabuhan.

Selain itu, mereka juga akan menerapkan sistem CB yang sama dengan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Kasat Lantas Polres Lampung Selatan AKP Jonnifer Yolandra mengatakan, pihaknya sudah membuat rekayasa lalulintas jika terjadi kemacetan saat hari libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kemudian dilakukan pemetaan kemacetan dan membaginya berdasarkan warna.

“Tujuannya supaya tidak terjadi crozsing di depan seaport. Apabila terjadi kemacetan kami sudah siapkan skenariao,” kata Jonnifer, Minggu (27/11/2022)

Lanjut Jonnifer, pihaknya sudah membuat skenario lalulintas jika terjadi kemacetan berdasarkan 3 warna.

Warna hijau berarti kondisi arus lalulintas normal lancar tidak perlu diberlakukan sistem buka tutup.

Jika warna kuning, maka situasi lalulintas sudah mulai padat dan mulai memberlakukan pengalihan arus.

Lantas untuk warna merah atau situasi kepadatannya sudah melebih kuning maka petugas akan mengarahkan kendaraan ke kanting parkir.

Kantong parkir ada di seluruh rest area yang ada di Lampung Selatan.

Jonnifer mengatakan pihaknya akan menyediakan kantong parkir di Jalan Lintas Sumatera dan di rest area Jalan Tol Trans Sumatera.

Untuk jumlah kantong parkir pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah pasti yang akan disediakan.

“Yang jelas tidak sebanyak saat arus mudik dan arus balik lebaran kemarin. Kalau kemarin ada sekitar lima belasan tempat. Tetapi saat Nataru nanti tidak sampai segitu. Mungkin tujuh sampai delapan saja,” katanya.

Lalu, kata Jonnifer, pihaknya juga akan menyediakan kantong parkir di rumah-rumah makan yang ada di Jalan Lintas Sumatera

Saat ditanya apakah nantinya di kantong parkir tersebut disediakan tempat vaksin, dirinya belum dapat memastikan, karena hal tersebut merupakan wewenang polda.

“Kalau untuk gerai vaksin, sampai sekarang kita belum tahu akan ada atau tidak. Itu merupakan perintah dari polda, kita hanya menjalankan tupoksi untuk melakukan rekayasa lalulintas jika terjadi kemacetan,” ujarnya.

Jonnifer mengatakan saat ini pihaknya masih menyusun skenario lalulintas saat hari libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 bersama Kabag Ops Polres Lampung Selatan, dan hasilnya pun belum final.

Related Articles