Beranda Lalu Lintas Satlantas Polres Karanganyar Imbau Pengendara Waspadai Kabut Tebal di Lereng Gunung Lawu

Satlantas Polres Karanganyar Imbau Pengendara Waspadai Kabut Tebal di Lereng Gunung Lawu

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Kabut tebal menghalangi pandangan pengguna jalan di jalur perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur di lereng Gunung Lawu. Untuk mengantisipasi kecelakaan, pengguna jalan diminta mengurangi kecepatan dan selalu menyalakan lampu depan kendaraan.

Kanit Reg Ident Satlantas Polres Karanganyar Ipda Dian Wulandari mengatakan situasi ramai lancar di jalan tembus Tawangmangu-Magetan pada Jumat (12/2). Timnya sengaja berpatroli di ruas jalan di lereng Lawu tersebut guna memastikan kondusivitas di momentum libur panjang akhir pekan.

“Hujan dan kabut tebal menyelimuti jalan dan perkampungan. Jarak pandang terbatas. Kami imbau ekstra waspada bagi pengguna jalan,” katanya.

Sejumlah obyek wisata di Karanganyar, khususnya lereng Lawu buka selama libur panjang. Tentunya mereka mengandalkan kunjungan wisatawan luar kota.

Dari Jatim, jalan tembus dengan melintasi tebing di lereng Lawu di Tawangmangu merupakan jalur tercepat ke Karanganyar. Jalan tembus Tawangmangu-Magetan yang berkelok-kelok memiliki panjang sampai 8 kilometer. Dian mengatakan, jarak pandang terbatas membahayakan pengemudi yang terhalang melihat situasi. Kondisi ini bukan hal baru di wilayah tersebut.

“Kendaraan didominasi roda empat. Kami bersiaga di tikungan dan titik rawan lakalantas. Hidupkan lampu utama dan kurangi kecepatan. Selalu patuhi protokol kesehatan seperti menjauhi kerumunan, pakai masker dan cuci tangan dengan sabun di air mengalir,” katanya.

Ipda Dian juga mengingatkan pentingnya pengemudi mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian.

Related Articles