Beranda Nasional Satlantas Polres Bitung Beri Hadiah SIM Gratis, 40 Warga Batuputih Antusias Mengikuti Pelatihan Kompetensi Mengemudi

Satlantas Polres Bitung Beri Hadiah SIM Gratis, 40 Warga Batuputih Antusias Mengikuti Pelatihan Kompetensi Mengemudi

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satlantas Polres Bitung melaksanakan pelatihan kompetensi mengemudi. Pelatihan ini digelar dalam rangka kesiapan pembentukan kelurahan tertib lalu lintas di Kelurahan Batuputih Atas dan Batuputih Bawah Kecamatam Ranowulu, Kota Bitung Provinsi Sulut.

Menurut Jefri Masala satu di antara peserta, pelatihan yang diiikuti olehnya bersama 40 warga setempat sangat baik.

“Pelatihan ini, mengajarkan kami bagaimana bermotor dengan baik, benar dan utamanya mematuhi aturan lalu lintas,” kata Jefri Masala Minggu (6/6/2021).

Jefri Masala warga yang keseharian berprofesi sebagai pemandu wisata dan tukang bangunan melanjutkan, dengan mengikuti pelatihan mengemudi mengasah skil dan kemampuam dalam berkendara. Apa yang diberikan oleh petugas dari Satlantas Polres Bitung, merupakan hal-hal yang ditemukan ketika berkendara di jalan raya. Seperti bagaimana cara belok yang benar, penggunaan lampu sein ketika berbelok, momentum melambatkan motor dan lainnya.

AKP Awaludin Puhi SIK Kasatlantas Polres Bitung menambahakn, kegiatan pelatihan kompotensi mengemudi dalam Rangka kesiapan pembentukan kelurahan Tertib Lalu lintas.

Berlangsung Jumat (4/6/2021) di kantor lurah Batu Putih Atas Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, peserta dilatihan tentang pengetahuan mengemudi, keterampilan mengemudi dan etika berkendaraan.

Personel Satlantas Polres Bitung ikut diterjunkan pada pelatihan itu, seperti Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Bitung Ipda Jeny Makawimbang, Kanit Patroli Sat Lantas Ipda SW Sugianto. Personel Unit Satuan Lalu Lintas Polres Bitung, unsur pemerintah setempat lurah dan perangkatnya. Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, pemuda dan masyarakat Kelurahan Batu Putih Atas.

“Kami menyampaikan materi tentang pengetahuan berlalu lintas yang baik dan benar di jalan. Pentingnya Helm, lentingnya kelengkapan teknis kendaraan, pentingnya tertib berlalu lintas, prosedur dan mekanisme penerbitan SIM bagi pemohon yang memenuhi syarat,” jelas AKP Awaludin Puhi.

Pada pelatihan itu, Kanit Patroli Ipda WS Sugianto, menyajikan materi tentang Keterampilan mengemudi. Ba Unit Laka Sat Lantas Bripka Christian Timbuleng SH menyajikan materi tentang Etika berkendara yang baik. Selesai penyajian materi dilanjutkan dengan kegiatan praktek mengemudi di lapangan yang dipraktikan oleh Bripka Vidi Wulur dengan metode siksak dan lingkar 8.

Masyarakat yang ikut melaksanakan praktek mengemudi dengan baik dan berhasil, diberikan Helm gratis oleh kasat lantas. Kegiatan praktek ketrampilan mengemudi diikuti oleh peserta baik kelompok bapak-bapak, Ibu-ibu dan para pemuda.

“Dari hasil yang dicapai dalam uji coba praktik mengemudi dan hasilnya ada empat warga masyarakat yang dinilai berhasil dengan baik dan diberikan penghargaan dengan dilakukan penyerahan empat buah Helm dan juga tiga orang warga lainnya akan diberikan penghargaan berupa pembuatan SIM gratis,” tandasnya.

Related Articles