Beranda News Satlantas Polres Bireun Pantau Penerapan Prokes Penumpang Bus

Satlantas Polres Bireun Pantau Penerapan Prokes Penumpang Bus

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Jajaran Satlantas Polres Bireuen, Sabtu (09/01/2021) hingga Minggu (10/01/2021) dinihari melakukan razia angkutan umum berbadan lebar, angkutan L-300 di kawasan pintu masuk ke terminal bus maupun di komplek terminal bus umum.

Sejumlah bus angkutan umum dari Banda Aceh hendak ke Medan maupun sebaliknya diberhentikan anggota Satlantas, kemudian petugas naik ke dalam bus melihat para penumpang ada tidaknya memakai masker, begitu juga para sopir.

Selain mengingatkan penumpang, petugas juga memeriksa barang penumpang mencegah kemungkinan membawa barang terlarang.

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi melalui Kasat Lantas AKP W Rachmat Jayadi SIK didampingi KBO Lantas Iptu Hendri Yunan mengatakan, razia yang dilakukan terutama sekali masalah protokol kesehatan, melihat para penumpang maupun para sopir menyangkut ada tidaknya memakai masker.

“Bila tidak memakai masker dianjurkan untuk memakai masker, begitu juga para sopir diwajibkan memakai masker,” ujarnya, Minggu(10/1/2021).

Selain itu, anggota Satlantas juga memeriksa surat-surat kendaraan, serta barang bawaan penumpang melakukan pengecekan terhadap pengguna jasa angkutan yang tidak mematuhi protokol.

Ditambahkan, razia angkutan umum selain menerapkan protokol kesehatan juga pemantauan arus lalu lintas, aman, tertib, lancar serta terkendali.

Dalam razia yang juga diselingi dengan patroli mengharapkan para penumpang dalam bus, masyarakat di dilapangan untuk menjaga protokol kesehatan. Kapolres Bireuen mengingatkan kembali agar mematuhi protokol kesehatan terkait physical distancing dan sosial distancing sekaligus tentang penggunaan masker guna antisipasi penyebaran virus corona.

Tujuan utama agar masyarakat semakin patuh terhadap protokol kesehatan, menjaga jarak tempat duduk, tertib karena sudah banyak masyarakat tidak menghiraukan anjuran pemerintah.

Kasat Lantas menambahkan, selain melakukan pemeriksaan penumpang ada tidaknya memakai masker, tim Satlantas Polres Bireuen juga membubarkan balapan liar di kawasan Cot Gapu Bireuen.

“Ada belasan remaja dengan sepeda motor melakukan balapan liar, deru suara kendaraan memekkan telinga dan aksi mereka semakin meresahkan,’ ujar Kasat Lantas AKP Rachmat Jayadi SIK.

Related Articles