Beranda News Sat Lantas Polres Tulungagung Mulai Berlakukan ETLE

Sat Lantas Polres Tulungagung Mulai Berlakukan ETLE

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Mulai hari, Rabu (21/7/2021), sanksi pelanggaran lalu lintas yang terekam kamera Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan diberlakukan secara penuh.

Pemberlakuan tersebut usai empat bulan pertama sejak pemasangan, Satlantas Polres Tulungagung belum memberlakukan sanksi pelanggaran secara efektif.

Satlantas menekankan proses sosialisasi terlebih dahulu kepada para pelanggar aturan lalu lintas yang tertangkap kamera ETLE.

“Kami terapkan sanksi mulai 21 Juli 2021,” ungkap Kasatlantas Polres Tulungagung AKP Bayu Agustyan.

Bayu mengungkapkan, awalnya pemberian sanksi pelanggaran tilang elektronik direncanakan mulai berlaku dua minggu usai pemasangan. Namun ternyata sistem tilang ini masih banyak membuat bingung para pelanggar. Oleh karenanya diputuskan program sosialisasi dilanjutkan lebih lama.

Ia menilai, setelah empat bulan sejak pemasangan kamera ETLE statis, masyarakat Tulungagung sudah memahami sistem tilang elektronik dan bagaimana cara membayar dendanya.

Sejak pemasangan kamera ETLE statis, rata-rata tertangkap sebanyak 10 pelanggaran tiap hari. Pelanggar paling banyak adalah pengemudi mobil yang melewati batas marka lampu lalu lintas.

Dengan mulai diberlakukannya sanksi efektif, mulai hari ini pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera ETLE akan dikirimi surat tilang ke alamat sesuai nomor kendaraan yang melanggar.

Jika denda tidak dibayar, maka STNK kendaraan tersebut akan diblokir. Blokir STNK akan dibuka jika sanksi sudah dibayarkan.

Related Articles