Beranda Headlines Rakor Ditgakkum Korlantas, Dirgakkum: Perkuat Penyidik Kecelakaan!

Rakor Ditgakkum Korlantas, Dirgakkum: Perkuat Penyidik Kecelakaan!

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Dalam rangka meningkatkan kualitas keselamatan dan penurunan korban kecelakaan lalu lintas tahun 2023, Ditgakkum Korlantas Polri menggelar rapat koordinasi bersama Polda jajaran di Fave Hotel PGC, Jakarta Timur, Rabu (1/3/2023).

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dalam arahannya mengatakan rakor kali ini menindaklanjuti kejadian beberapa kecelakaan yang viral agar dapat mengungkapkan fakta dan pelakunya.

“Penyidik juga harus bisa mengungkap pelaku dan unsur kelalaian. Karena kecelakaan terjadi karena ada kelalaian atau pelanggaran. Unsur inilah yang harus kita ungkap apakah faktor manusia, faktor jalan atau cuaca yang menyebabkan kecelakaan,” kata Brigjen Pol Aan Suhanan.

Peserta yang hadir tambahnya, diharapkan dapat memperkuat penyidik kecelakaan yang ada di daerah masing-masing dengan memberikan pembekalan pelatihan dan sertifikasi.

“Ada beberapa pakar yang dihadirkan, dan satu hal yang penting yaitu penyampaian materi berita buruk. Sehingga penyidik dalam menyampaikan sebagai korban maupun tersangka harus disampaikan dengan teknik-teknik khusus, nanti ada program road show coaching clinic untuk penyampaian berita buruk,” ungkap Brigjen Pol Aan Suhanan.

Rakor yang digelar mulai 1 Maret hingga 3 Maret 2023, menghadirkan pemateri Kombes Pol Budi Hermawan dari Bareskrim Polri, Dr. Riki Perdana R. Waruwu S.H., M.H dari Mahkamah Agung, Tiyas Widiarto SH, MH dari Kejaksaan Agung, Parulian Simamora dari pakar Hukum Ahli Pidana dan dari Himpunan Psikologi Indonesia.

Related Articles