Beranda Kegiatan Rakernis Fungsi Gakkum Selesai, Dirgakkum Korlantas Polri Sampaikan Pembulatan Akhir

Rakernis Fungsi Gakkum Selesai, Dirgakkum Korlantas Polri Sampaikan Pembulatan Akhir

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Kegiatan Rakernis Fungsi Ditgakkum T.A 2021 tiba di penghujung waktu. Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, secara resmi menutup kegiatan Rakernis yang dilangsungkan di Balroom Ciputra Jakarta, Selasa (7/12).

Dalam penutupan dihadapan peserta Rakernis, Dirgakkum Brigjen Pol Aan, memberikan beberapa catatan pembulatan dari paparan materi yang telah disampaikan baik dari internal direktorat Gakkum, kemudian narasumber dari luar, Kriminologi dan kosultan Korlantas Polri.

Dirgakkum Korlantas menyerukan agar seluruh peserta untuk tidak alergi dengan perubahan teknologi di bidang penegakan hukum. Pasalnya, saat ini merupakan era dimana harus mengutamakan preventif, perlindungan, pelayanan dan pengayoman.

“Ini bukan berarti mendegradasi penegakan hukum itu sendiri. Kalau tidak boleh menilang bukan berarti tidak ada penegakan hukum. Seperti yang disampaikan Kakorlantas kemarin bahwa penegakan hukum itu tidak harus dengan tilang,” sebutnya.

Mantan Dirsamapta Korsabhara Baharkam Polri, menjelaskan istilah saat dirinya pernah mengemban ilmu di pusdiklantas Serpong bahwa ada dua istilah dalam penegakkan hukum yang dilakukan oleh polisi lalu lintas itu terhadap pelanggar lalu lintas yaitu istilah Yustisial dan non Yustisial.

“Yustisial itu dengan cara penindakan tilang dan berakhir di peradilan. Dan non Yustisil itu menegur, mengingatkan. Karena tujuan akhir penegakan hukum adalah membuat efek jera, mengerti apa yang menjadi pelanggarannya, yang terpenting itu.” Terangnya.

Lanjutnya pada era sekarang, Brigjen Aan menghimbau untuk mengurangi tilang konvensional dan masifkan dengan perubahan di era digitalisasi sekarang.

“Jangan alergi dengan modernisasi di bidang Gakkum ini, digitalisasi di bidang penegakkan hukum lalu lintas, karena eranya seperti ini sekarang. Kalau kita tidak mau berubah ya kita tertinggal dan ditinggalkan oleh jaman,” tegasnya.

Related Articles