Beranda Nasional Puluhan Kaum Difabel Ikuti Praktik Ujian SIM D di Satlantas Polres Jember

Puluhan Kaum Difabel Ikuti Praktik Ujian SIM D di Satlantas Polres Jember

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – 20 orang difabel mengikuti ujian praktik sebagai proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) D, SIM bagi disabilitas, di Kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jember, Sabtu (26/6//2021).

Layanan khusus penerbitan SIM D bagi disabilitas di Jember itu masih dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-75. Kegiatan yang bekerjasama dengan panitia Jember SAE, PERPENCA, dan NPCI itu bertema Dari Dan Oleh Disabilitas untuk Polisi Indonesia.

Berdasarkan data yang dikirimkan kepada wartawan, ada 20 orang pemohon SIM D. Mereka diundang ke Satlantas Polres Jember untuk mengikuti prosedur penerbitan SIM, yakni ujian tulis dan ujian praktik.

Ujian praktik bagi difabel, boleh memakai kendaraan mereka sendiri. Dalam kegiatan itu, petugas juga menyiapkan fasilitas kursi roda untuk mempermudah pengurusan SIM. Pemohon juga didampingi petugas mulai dari pendaftaran sampai proses selesai.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jember, AKP Jimmy Heryanto Manurung mengatakan, pihaknya ingin memberikan pelayanan prima kepada seluruh elemen masyarakat.

“Kami buat layanan untuk kawan-kawan difabel senyaman mungkin,” tegas Jimmy.

Dia menambahkan, kesadaran warga difabel untuk memiliki SIM D cukup tinggi di Jember.

“Mereka merasakan sendiri betapa pentingnya memiliki SIM, karena untuk keselamatan sendiri maupun orang lain,” imbuh Jimmy.

Related Articles