Beranda Kegiatan Polsanak Satlantas Polres Manokwari, Tanamkan Budaya Disiplin Lalu Lintas Sejak Usia Dini

Polsanak Satlantas Polres Manokwari, Tanamkan Budaya Disiplin Lalu Lintas Sejak Usia Dini

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Didampingi guru dan orang tua puluhan Murid PAUD Bunga Bakti Sanggeng sangat antusias mengunjungi dan sejumlah ruangan yang ada di Satuan lantas Polres Manokwari, Rabu (2/11/2022)

Senang dan ceria, begitu yang terpancar di wajah puluhan murid Paud Bunga Bhakti Sanggeng saat berkunjung ke Satlantas Polres Manokwari,Semangat para murid juga sesekali pecah menjadi tawa dengan hadirnya tiga maskot Satlantas Polres Manokwari yang sesekali menghibur para murid yang tengah menikmati kunjungannya itu.

Selain berkesempatan melihat pelayanan yang ada di Satlantas Polres Manokwari, para murid juga dikenalkan tentang tugas dan fungsi masing-masing layanan serta mendapatkan edukasi tentang pentingnya tertib berlalu lintas.

Tidak hanya itu, melalui kerjasama Satlantas Polres Manokwari dan Poli Klinis Polres Manokwari, para murid juga diberi pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Serangkaian kegiatan ini, Satlantas Polres Manokwari bekerjasama dengan PT Jasa Raharja Manokwari menyerahkan berbagai hadiah menarik serta helm kepada para murid maupun guru dan orang tua.

Dipeghujung kegiatan para murid, guru dan orang tidak tidak hanya mendapat bekal hadiah menarik, tapi juga disuguhkan dengan makanan dan minuman sebagai bentuk silaturahmi dan kebersamaan.

Kasat Lantas Polres Manokwari IPTU Subhan S Ohoimas,S.H mengatakan kegiatan ini merupakan program yang digagas Kakorlantas Polri yang disebut Polisi Sahabat anak (PSA).

PSA sendiri merupakan wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya pada anak-anak untuk memberikan penyuluhan dan pembinaan, agar dapat membiasakan kepada anak-anak usia dini untuk tertib berlalu lintas serta berdisiplin.

“PSA ini merupakan program dari Kakorlantas Polri yang di laksanakan di seluruh jajaran, termasuk Satlantas Polres Manokwari,” kata IPTU Subhan Ohoimas dalam keterangan persnya di Kantornya Rabu siang.

Menurut Subhan, program PSA di Satlantas Polres Manokwari sendiri bukan suatu hal yang baru sebab kegiatan serupa juga sering dilakukan dengan mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Manokwari.

Namun berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kali ini para murid berkesempatan melihat langsung fasilitas pelayanan dan ruangan yang ada, serta edukasi dan sosialisasi tertib berlalu lintas.

“Kalau melihat antusias para murid PAUD Bunga Bhakti Sanggeng ini membuktikan bahwa polisi adalah sahabat anak dan tidak perlu ditakuti. Begitu juga sebaliknya polisi hadir untuk memberikan rasa aman dan menjadi sahabat bagi semua orang termasuk anak-anak,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Kasat Lantas berharap anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan serta pemahaman tentang tertib berlalu minta serta dapat menjadi pelopor berkeselamatan berlalu lintas di Manokwari kelak.

“Kami harap dari kegiatan ini anak-anak tidak hanya mendapat pengetahuan tapi juga bisa menjadi pelopor berkeselamatan berlalu lintas. Karena target kami sampai akhir tahun ini setidaknya bagaimana bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas di Manokwari, harapnya.

Sementara itu, Kepala PAUD Bunga Bhakti Sanggeng, Selly Sarungallo menyampaikan apresiasi kepada Satlantas Polres Manokwari yang telah memberikan ruang dan kesempatan kepada murid PAUD Bunga Bhakti tidak hanya sekedar melihat fasilitas dan pelayanan Satlantas Polres Manokwari tetapi juga mendapatkan pengetahuan untuk direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Selly memandang bahwa kegiatan ini penting bagi anak-anak sebagai bekal pengetahuan bagi anak usia dini mengingat anak-anak ini adalah generasi penerus.

Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkn anak-anak tidak hanya sekedar bersuka ria dan bergembira tapi bisa benar-benar mendapat pemahaman tentang pentingnya tertib berlalu lintas dan bisa di terapkan dalam kehidupannya.

“Kami kesini dengan guru dan pendampingan orang tua. Ada sekitar 40 lebih anak-anak ikut dalam kegitan ini. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, anak-anak juga sangat antusias danenikmati, terbukti mereka sangat aktif mengikuti semua rangkaian kegiatan, kita harap ini bermanfaat bagi mereka kelak, sekali lagi terima kasih Kasat Lantas Polres Manokwari,” tandasnya

Related Articles