Beranda Kegiatan Polisi Produktif Panen Edamame di Badung, Berkat Manfaatkan Lahan Tidur

Polisi Produktif Panen Edamame di Badung, Berkat Manfaatkan Lahan Tidur

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Melalui program polisi berkebun khusus menggarap lahan tidur jadi produktif membuahkan hasil. Pada Rabu (22/12) dilaksanakan panen perdana edamame di Subak Tanah Yeng Krasan, Desa Sedang, Abiansemal, Kabupaten Badung.

Awalnya lahan tersebut tidak produktif, tapi setelah diolah menjadi subur dan panen adamame. Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes mengatakan bahwa program polisi berkebun merupakan tantangan apalagi di masa pandemi covid-19. Banyak masyarakat tidak bekerja karena PHK.

“Kami mencoba melakukan hal-hal kecil, mensurvei lahan tidur jadi produktif,” tegas Kapolres.

Di Kecamatan Abiansemal ada dua lokasi yang dikelola, yakni lahan tidur di Desa Sedang ditanami tanaman edamame dan Desa Bongkasa ditanami Jagung. Jadi lahan eks TPA Pemprov Bali, Kuta Utara, ditanam sayur-sayuran.

Sedangkan di lahan tidur wilayah Mengwi ditanam jagung, sayur-sayuran dan memelihara babi serta ikan lele. Sementara di lahan tidur di Petang ditanami timun dan tomat.

“Kami mengimplementasikan pemolisian proaktif, dimana petugas polri turun dan berbaur langsung dengan masyarakat. Bertani ini yang dimaksud tangguh ketahanan pangan merupakan salah satu penting dalam Tangguh Dewata,” tambahnya.

Mantan Kasat PJR Ditlantas Polda Bali ini mengharapkan masyarakat membuka diri untuk menceritakan apa yang sedang terjadi di lingkungannya. Dengan demikian terwujud situasi yang aman, tertib, tentram, dan kerja raharja.

Related Articles