Beranda Lalu Lintas Persiapan Arus Mudik, Satlantas Polres Dumai Bentuk Tim PEKA

Persiapan Arus Mudik, Satlantas Polres Dumai Bentuk Tim PEKA

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Untuk mencegah kemacetan, Satuan Lalu Lintas Polres Dumai membentuk tim Pengurai Kemacetan (PEKA).

Pada Sabtu (16/4/2022), Satlantas Polres Dumai menggelar apel pengecekan dan pemeriksaan personil Tim PEKA beserta kelengkapan sarana prasarana (sarpras) yang dimiliki.

Apel dipusatkan di halaman Mapolres Dumai Jalan Jendral Sudirman dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria diikuti oleh seluruh pesonil Satuan Lalu Lintas Polres Dumai dalam rangka antisipasi arus mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443H/2022M serta persiapan menjelang Operasi Ketupat Lancang Kuning 2022 se-Jajaran Polda Riau.

Kapolres Dumai AKBP Mohammad Kholid melalui Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria mengungkapkan, Tim PEKA dibentuk guna mengantisipasi ataupun mengurai kemacetan arus kendaraan pada masa mudik Lebaran.

“Personel Satuan Lalu Lintas akan memberikan aksi cepat tanggap menggunakan sepeda motor untuk memudahkan menuju titik kemacetan,” kata Akira.

Dengan dibentuknya Tim PEKA, Kasat Lantas berharap dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap kegiatan urai kemacetan, sehingga tercipta situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang dinamis serta kondusif.

“Sehingga seluruh aktivitas di Jalan Raya dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Karena, lalu lintas memiliki dimensi pengertian yang luas berkaitan dengan urat nadi kehidupan manusia, cermin budaya, dan simbol modernitas,” terangnya.

Lebih lanjut, Kasat mengatakan Tim PEKA tidak akan diam di satu lokasi saja melainkan akan menyisir dengan sepeda motor kesejumlah titik rawan kemacetan. Tim PEKA nantinya juga akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan instansi terkait lainnya.

“Semoga arus mudik Lebaran dapat berjalan lancar, terciptanya kamseltibcarlantas, tetap patuhi prokes, cegah Covid-19 dan semoga situasi kondusif selama Ramadan tetap terjaga,” pungkasnya.

Related Articles