Beranda Nasional Perketat PPKM, Satlantas Polresta Bandung Gelar Rapid Test Antigen di GT Soroja

Perketat PPKM, Satlantas Polresta Bandung Gelar Rapid Test Antigen di GT Soroja

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satlantas Polresta Bandung menggelar cek rapid test antigen bagi para pengendara yang keluar di Gerbang Exit Tol Soroja Kabupaten Bandung. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada masa pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap dua, Sabtu 30 Januari 2021.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Hendra Kurniawan, melalui Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Prakasa, mengatakan bahwa rapid test antigen difokuskan di pintu Gerbang Exit Tol Soroja.

Menurutnya, yang menjadi target tes ini adalah warga dari luar daerah Kabupaten Bandung yang akan berlibur ke berbagai objek wisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung.

“Rapid test antigen ini kami tujukan kepada seluruh pengendara luar daerah yang akan berlibur ke lokasi wisata di Ciwidey,” jelas Erik.

Rapid test antigen, tambah Erik, akan dilakukan secara acak kepada penumpang layanan transportasi umum. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan ada penyebaran atau kontak erat dari klaster transportasi.

“Yang pasti kami akan persempit ruang gerak penyebaran Covid-19 dari berbagai sektor. Maka dari itu, sejumlah titik dan area publik akan disasar untuk mendeteksi kasus Covid-19 di masa PPKM. Tadi saja ada 3 orang yang reaktif,” ungkapnya.

Tidak hanya dari pihak Kepolisian, kegiatan ini juga melibatkan unsur terkait lainnya, yakni Dinas Kesehatan, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Selain melaksanakan rapid test antigen, personel gabungan juga memberikan sosialisasi PPKM.

Erik memaparkan, pihaknya mengimbau kepada seluruh pengemudi dan penumpang yang akan melakukan liburan ke wilayah Kabupaten Bandung, untuk menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil surat rapid test antigen atau PCR.

Dalam kegiatan tersebut, Satlantas Polresta Bandung menindak 3 (tiga) bus yang kedapatan membawa penumpang melebihi muatan dan tidak mematuhi Protokol Kesehatan.

“Semua warga luar daerah yang masih nekad ingin liburan ke Ciwidey, kami akan lakukan swab antigen untuk memutus penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Related Articles