Beranda Lalu Lintas Peringati HUT ke-77 RI, Satlantas Polres Nganjuk Ajak Pengendara Kenang Jasa Pahlawan

Peringati HUT ke-77 RI, Satlantas Polres Nganjuk Ajak Pengendara Kenang Jasa Pahlawan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Puluhan pengendara sepeda motor maupun mobil berhenti sesaat di jalan raya seputaran Alun-alun Nganjuk. Mereka menghormat sang saka merah putih bersama Satlantas Polres Nganjuk, Rabu (17/8/2022).

Pemandangan mengharukan juga terjadi di Jalan A Yani perempatan Jayastamba, dan jalan raya seputaran Terminal Bus Anjuk Ladang. Para pengendara juga menghormat sang saka merah putih bersama Satlantas Polres Nganjuk.

Seiring dengan bunyi sirine meraung-raung, tepat pukul 10.17 WIB, saat itu pula semua aktivitas perjalanan terhenti ketika petugas Satlantas Polres Nganjuk memberi komando, sejalan berkibarnya sang saka merah putih.

Semua orang mengheningkan cipta, menundukkan kepala seraya berdoa untuk arwah para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur membela, dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pantauan di pertigaan Alun-alun Nganjuk, semua kendaraan dari 2 penjuru mata angin berhenti. Para pengendara beserta penumpang turun dari kendaraannya.

Sementara itu, 10 anggota Satlantas Polres Nganjuk yang dipimpin Kasatlantas AKP Dini Annisa Rahmat, didampingi KBO Iptu Heri Buntoro, dan Kanit Regident Ipda Danang Yuda S tampak di tengah sambil menghormat sang saka merah putih.

Sontak masyarakat dan pengguna jalan ikut menghormat sang saka merah putih, yang selanjutnya mengheningkan cipta, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar arwah para pahlawan diterima di sisi-Nya.

Masyarakat juga diajak berdoa agar Indonesia “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, khususnya kejadian yang melanda Indonesia dan dunia dalam dua tahun terakhir ketika terjadi pandemi Covid-19.

“Kami bangga bisa ikut memperingati HUT ke-77 RI ini bergabung dengan Satlantas Polres Nganjuk. Semoga Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” ucap salah satu pelajar yang ikut menghormat sang saka merah putih.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Nganjuk AKP Dini Annisa Rahmat mengatakan, pihaknya menempatkan personel di 3 titik lokasi kegiatan, yakni perempatan Jayastamba jalan A Yani, simpang 3 terminal bus, dan Alun-alun Nganjuk.

Seluruh masyarakat yang sedang berkendara dan beraktivitas di jalan raya dimohon menghentikan laju kendaraan serta kegiatannya sejenak, sebagai bentuk penghormatan saat detik-detik proklamasi.

“Untuk memperingati detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022, seluruh aktivitas pengguna jalan, toko-toko, apotek, dan pejalan kaki berhenti sementara,” ujar Dini.

Sedangkan untuk mengheningkan cipta, lanjut Dini, bertujuan untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya menjaga dan meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat, dan tetap tidak menghilangkan rasa cinta kepada tanah air,” kata Kasatlantas Polres Nganjuk.

Related Articles