Beranda Nasional Penumpang Bus Melahirkan di Mobil Patroli PJR, Kondisi Bayi Sehat

Penumpang Bus Melahirkan di Mobil Patroli PJR, Kondisi Bayi Sehat

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Seorang ibu bernama Watriyah (20) melahirkan di mobil Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Palikanci, Ciperna, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Peristiwa ini bermula saat Watriyah hendak pulang kampung ke Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (17/11) sekitar pukul 11.50 WIB.

Di perjalanan tepatnya di Tol Palikanci-Pejagan KM 214, ia mengeluhkan sakit perut dan ingin melahirkan. Bus yang sedang ia tumpangi lalu berhenti di dekat mobil polisi yang sedang patroli.

Sang kernet bus lalu mendatangi polisi dan menceritakan tentang adanya seorang ibu yang hendak melahirkan. Polisi kemudian membawa ibu tersebut turun dari bus untuk dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Saat itu kernet [bus] minta bantuan dan berkata bahwa ada penumpang yang mau melahirkan sudah tidak kuat, serta kontraksi terus. Kami langsung bantu keluar dan bantu untuk ke mobil patroli, karena posisinya ibu tersebut sudah tidak bisa jalan,” kata Kanit VIII PJR Tol Palikanci-Pejagan Ditlantas Polda Jabar, AKP Aries Riyanto, dalam keterangannya, Kamis (18/11).

Di dalam mobil Watriyah didampingi suami dan anaknya yang lain berusia 2,5 tahun.

Sebelum sampai di fasilitas kesehatan terdekat, rupanya Watriyah sudah melahirkan bayi perempuan di dalam mobil patroli. Setelah sampai di Puskesmas Ciperna, diambil tindakan medis lainnya.

“Saat sampai di Puskesmas Ciperna bidan dan perawat keluar, dilihat keadaan ibunya ternyata bayi sudah keluar. Akhirnya dilakukan persalinan dan diambil bayinya, setelah itu ibu dan bayi dibawa ke dalam puskesmas. Perkiraan saya ibu sudah melahirkan di KM 213 karena menjerit itu,” tuturnya.

Usai melahirkan Watriyah diizinkan untuk meneruskan perjalannya ke Pekalongan dengan diantar pihak Puskesmas.

“Saya dapat informasi bahwa si ibu sudah bisa pulang sekitar pukul empat sore. Maka dari itu, dua anggota saya yang tadi memang mengamankan barang si ibu menemui ibunya di arah timur Kanci. Saya juga sempat menemui ibu dan bayinya saat mereka melanjutkan perjalanan, Alhamdulillah keduanya sehat,” kata Aries.

Selain AKP Aries Riyanto terdapat tiga anggota lainnya yang membantu proses persalinan Watriyah, yaitu AIPTU Carwa, AIPTU Suryadi Mertaprawira, dan Aipda Gugum Gumilar.

Related Articles