Beranda Lalu Lintas Pengamanan Nataru, 16 Posko Disiapkan Satlantas Polres Tegal

Pengamanan Nataru, 16 Posko Disiapkan Satlantas Polres Tegal

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Persiapan jelang momen libur Natal dan tahun baru (Nataru), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tegal berencana mendirikan 16 pos tersebar di beberapa lokasi.

Dijelaskan Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa’at, melalui Kasat Lantas Polres Tegal, AKP Erwin Chan Siregar, 16 pos terdiri dari satu pos terpadu berlokasi di Exit Tol Adiwerna.

Kemudian tiga pos pelayanan yang ada di area Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci, Waduk Cacaban, dan Purwahamba Indah (Pur’in).

Kemudian 12 pos pengamanan tersebar di beberapa wilayah di antaranya empat Rest Area di wilayah hukum Polres Tegal, jalur selatan di Klonengan, jalur pantura ada di SPBU Muri, di Pasar Banjaran, Yomani, dan lain-lain.

“Momen libur Nataru, kami rencana menyiapkan 16 pos tersebar di wilayah Kabupaten Tegal terbagi menjadi tiga pos, yaitu pos terpadu, pos pelayanan, dan pos pengamanan. Adapun saat ini, pos sudah mulai proses pembangunan,” ungkap Kasat Lantas, AKP Erwin, dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022). 

Adapun sebelumnya pada Sabtu (3/12/2022) lalu, dalam rangka mengantisipasi mobilitas masyarakat jelang libur Nataru, Satlantas Polres Tegal mengadakan apel Satgas Quick Response Penanganan Kemacetan dan Kecalakaan Lalu Lintas.

Satgas tersebut, terdiri dari Satlantas Polres Tegal, TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Jasa Raharja, Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal.

Pada kegiatan apel tersebut, juga berlangsung pemeriksaan kesiapan personel dan kendaraan yang akan digunakan selama pengamanan libur Nataru atau operasi Lilin Candi 2022.

“Untuk pendirian pos sudah kami lakukan sejak Senin (5/12/2022). Sedangkan pos terpadu, pengamanan, dan pelayanan bisa digunakan kapan, ya sebelum operasi lilin candi 2022 dimulai pasti sudah siap. Pendirian pos kami juga bekerjasama dengan Pemda, Disporapar, Dishub, dan lain-lain,” terangnya. 

Untuk penempatan personel di masing-masing pos, dikatakan AKP Erwin setelah apel gelar pasukan dan menunggu arahan atau perintah dari satuan atas. 

“Tapi intinya kami sudah menyiapkan semuanya, mulai dari personel, pos, pengecekan kendaraan, dan lain-lain. Sementara personel kami bertugas tidak sendiri, melainkan dibantu dari unsur terkait seperti TNI, Satpol PP, Dishub, Relawan, pemda. Semuanya siap melaksanakan kegiatan pengamanan masa libur Nataru bersama-sama,” tutup AKP Erwin.

Related Articles