Beranda News Penerapan Ganjil Genap, Polda Metro Jaya: Harus Dilihat Kesiapannya

Penerapan Ganjil Genap, Polda Metro Jaya: Harus Dilihat Kesiapannya

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Penerapan sistem ganjil-genap (Gage) di Ibu Kota di tengah pandemi Covid-19 tengah dalam kajian. Polda Metro Jaya menyarankan agar moda transportasi dilengkapi dahulu sebelum sistem Gage diterapkan.

Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Rusdy Pramana mengingatkan agar kebijakan tersebut tak mengakibatkan penumpukan penumpang yang berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Menurutnya, saat aturan Gage kembali diterapkan, akan ada perpindahan moda transportasi lantaran masyarakat yang tadinya menggunakan moda transportasi pribadi bakal beralih ke moda transportasi umum.

“Jadi, memang harus dilihat kesiapannya bagaimana, jangan sampai ada penumpukan di moda transportasi umum,” katanya, Jumat (4/6/2021).

Ia menilai, perlu ada kajian lebih lanjut soal penerapan sistem Gage di DKI Jakarta. Rusdy membenarkan bahwa Jenderal Sudirman-MH Thamrin memang bisa diterapkan Gage lantaran adanya moda transportasi umum seperti MRT dan Transjakarta. Namun, sejumlah kawasan lainnya masih perlu kajian lebih dalam lantaran belum lengkapnya sarana dan prasara transportasi umum.

“Kami sarankan, rekomendasi manakala diterapkan kembali ganjil-genap pada masa pandemi ini perlu diperhatikan juga kelengkapan sarana dan prasarana moda transportasi angkutan umum,” tandasnya.

Related Articles