Beranda Lalu Lintas Pelanggaran Tidak Gunakan Helm Dominasi Ops Zebra Satlantas Polres Situbondo

Pelanggaran Tidak Gunakan Helm Dominasi Ops Zebra Satlantas Polres Situbondo

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Polres Situbondo mencatat selama Operasi Zebra Semeru minggu ini, pelanggaran tertinggi didominasi pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm.

Para pelanggar ini terjebret secara otomatis ETLE mobile dengan jumlah mencapai sebanyak 298 pelanggar.

Kasat Lantas AKP Anindita Harcahyaningdyah melalui Kasi Humas Polres Situbondo, Iptu Sutrisno mengatakan, selama operasi Zebra tahun 2022 ini, pihak Sat Lantas telah menjaring sebanyak 5706 penggaran, baik itu terjaring ETLE Mobile, tilang konfensional ataupun teguran.

“Ya tertinggi memang pelanggaran tidak menggunakan helm, biasa mereka terjaring mobil incar,” ujarnya.

Tinggi pengendara yang tidak menggunakan helm ini, disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan berkendara.

Mantan Kasiwas Polres Situbondo ini menjelaskan, untuk tindakan preentif mencapai 40 persen, preventif 40 persen dan penegakan hukum sebanyak 20 persen.

Selain itu, kata Sutrusno, untuk menekan terjadinya pelanggaran, pihak Sat Lantas selalu gencar melakukan sosialisasi di sekolah sekolah dan pemberian brosur ke masyarakat.

“Sosialisasi di sekolah ini dilakukan untuk mencegah pelanggaran lalu lintas di kalangan pelajar,” katanya.

Sosialisasi keselamatan berkendara juga dilalukan di pinggir jalan raya dan melalui pendidikan masyarakat.

Ditegaskan berbagai upaya dan program telah dilakukan Sat Lantas selama operasi Zebra berjalan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir angka pelanggaran kendaraan berlalu lintas.

“Alhamdulillah dengan program ini cukup efektif,” pungkasnya.

Related Articles