Beranda Kegiatan Operasi Keselamatan 2022 Satlantas Polresta Kendari Siap Digelar 1 Maret

Operasi Keselamatan 2022 Satlantas Polresta Kendari Siap Digelar 1 Maret

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Aparat Kepolisian Khususnya Polantas seluruh Indonesia, bakal melakukan Operasi Keselamatan, yang akan dilaksanakan selama dua minggu, mulai dari tanggal 1 sampai 14 Maret mendatang.

Kasat Lalu lintas Polresta Kendari, AKP Rudika Harto Kanajiri, S.IK, mengatakan, sebelum menggelar Operasi Keselamatan, Direktorat Lalu Lintas Polda Sultra akan melakukan Lat Pra Operasi.

“Kita lakukan dulu simulasinya, bagaimana tahapan-tahapannya, agar pada saat pemberlakuan Operasi Keselamatan dimulai, para personel sudah mengerti dan memahami tugas-tugasnya dengan baik,” ungkapnya, Minggu (27/2/2022).

Ia menjelaskan, tujuan operasi keselamatan adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas di jalanan. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan, di mana angkanya selalu tinggi setiap tahunnya. Selain itu, untuk selalu mengingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan, guna menekan penyebaran COVID-19.

“Dengan adanya operasi kepolisian itu, masyarakat diharapkan menjadi disiplin dan tertib berlalu lintas di jalan, serta dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah Kendari,” kata AKP Rudika.

lanjut dia, dalam kegiatan Operasi Keselamatan, akan diterapkan berbagai kegiatan seperti penyuluhan, pembagian masker gratis, setra kegiatan sosial dan lain sebagainya, yang bersifat positif.

“Sedangkan untuk penegakan hukum sifatnya selektif prioritas. Artinya, pelanggaran lalu lintas yang berpotensi fatalitas laka lantas akan ditindak dengan tilang,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan kebijakan dan penerapan ini, bisa menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, pentingnya untuk mematuhi peraturan selama berkendara, agar bisa menekan angka kecelakaan, yang hampir setiap saat sering terjadi.

Related Articles