Beranda Nasional Operasi Kemanusiaan, Kakorlantas Pantau Korban Terdampak Erupsi Merapi di Kemalang Klaten

Operasi Kemanusiaan, Kakorlantas Pantau Korban Terdampak Erupsi Merapi di Kemalang Klaten

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono didampingi Dirgakkum Brigjen Pol Kushariyanto memantau kondisi tempat pengungsian korban terdampak erupsi gunung Merapi di Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Kakorlantas mengatakan Operasi Lilin 2020 adalah operasi kemanusiaan, selain memastikan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan saat pandemi Covid-19 bantuan melayani korban terdampak erupsi gunung Merapi juga bagian dari operasi kemanusiaan.

“Kegiatan kemanusiaan bantuan korban erupsi Merapi oleh Polri ini sudah digelar sejak 22 Desember. Bantuan yang diberikan antara lain dapur umum, trauma healing dan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan.” ujar Kakorlantas, Selasa (29/12/2020).

Operasi Lilin selain waspada terhadap penyebaran Covid-19 tambah Kakorlantas, masyarakat juga diimbau untuk waspada longsor dan banjir di musim penghujan serta erupsi gunung Merapi.

“Tujuan arus mudik lokal 30 persen mengarah Jawa Tengah, yang harus diantisipasi kerumunan, karena pandemi tidak bisa diprediksi kapan berakhirnya. Harus kita jaga bersama-sama.” sambung Kakorlantas.

Maka dari itu lanjut Kakorlantas, Polri siap melayani masyarakat di titik-titik tertentu salah satunya menggelar pelayanan random cek Swab Antigen gratis untuk masyarakat.

“Polri siapkan sekitar 20.000 alat Swab Antigen gratis untuk memberikan kepastian sehat pada masyarakat saat dalam perjalanan. Maka diimbau kepada masyarakat untuk tidak berkerumun, pesta kembang api, reuni dan segala bentuk kerumunan lain saat malam tahun baru.” terang Kakorlantas.

Related Articles