Beranda Headlines Ngabuburit di SCBD, Kakorlantas Minta Warga Mulai Mudik Lebaran Esok Hari

Ngabuburit di SCBD, Kakorlantas Minta Warga Mulai Mudik Lebaran Esok Hari

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi meminta masyarakat melakukan mudik sejak Jumat (22/4) esok. Hal itu disampaikannya dalam diskusi menjelang berbuka puasa di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Irjen Firman mengatakan, pembagian mudik di awal waktu perlu dilakukan. Sehingga, potensi kemacetan menjelang Hari Raya Idulfitri pada 28 hingga 30 April bisa berkurang.

“Dengan membagi habis, makin banyak waktu berangkat, semakin sedikit beban yang ada di jalan,” ujar Firman di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (21/4/2022).

Firman menyampaikan, sebanyak 85,5 juta masyarakat diprediksi mudik tahun ini dan 47 persen di antaranya melalui jalur darat. Sementara, jumlah kendaraan roda empat yang melalui jalur darat diprakirakan mencapai 23 juta.

Kakorlantas Firman menyebut kendaraan roda empat dipastikan tidak dapat tertampung dengan baik di jalan tol. Dia pun menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas seperti ganjil genap (gage), one way, contra flow, dan pembatasan waktu operasi kendaraan berat.

“Perlu kami sampaikan agar masyarakat bisa paham apa yang menjadi dasar pertimbangan kami menerapkan kebijakan untuk menambah kapasitas jalan maupun mengurangi jumlah volume kendaraan yang ada di jalan, tujuannya adalah kelancaran lalin itu sendiri,” ucapnya.

Lebih lanjut, Firman mengingatkan agar para pemudik tertib di jalan. Dia juga meminta agar masyarakat mematuhi arahan petugas di lapangan.

“Kami hanya menitipkan mari tertib di jalan. Saya perlu informasikan bahwa evaluasi lebaran yang lalu kenapa terjadi kemacetan. Pertama kita harus menyadari bahwa ada ketidakdisiplinan kita semua. Contohnya berebut ketika akan masuk ke kapal pada saat penyebrangan. Moga-moga besok tidak terjadi,” kata Firman.

Related Articles