Beranda Kegiatan Mendagri Tunjuk Kabag Renmin Korlantas Kombes Pol Singgamata Jadi Kasat Manggala Praja

Mendagri Tunjuk Kabag Renmin Korlantas Kombes Pol Singgamata Jadi Kasat Manggala Praja

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Menteri Dalam Negeri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian, MA,Ph.D, resmi melantik Kombes Pol Singgamata S.I. K., M.H., sebagai Kepala Satuan Manggala Praja dan Kombes Pol John Carles Edison Nababan S.I.K., M.H., sebagai Kepala Satuan Bina Pelatihan Praja dilingkungan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN).

Prosesi pelantikan dilangsungkan di ruang sidang utama gedung A lantai 3 Kemendagri, Jl. Medan Merdeka Utara no. 7, Jakarta Pusat, dengan prosedur protokol kesehatan. Pelantikan pada hari ini Jum’at, 19 Agustus 2022 sekaligus bertepatan dengan hari lahir Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

“Terimakasih atas perubahan yang telah dilakukan bapak Rektor IPDN Hadi, dan hal tersebut saya minta menjadi landasan pak Singgamata dan John Nababan untuk bisa memperbaiki, melanjutkan dan memperbaiki lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan beberapa arahan untuk Kasat Manggala dan Kasat Binlat diantaranya masalah rekrutmen untuk lebih transparan dan lebih baik. Kemudian kedua, hentikan segala bentuk kekerasan dan pemukulan, serta terakhir pendidikan pendisiplinan yang sehat dan sesuai norma dan peraturan yang baru.

“Kita harus mendidik mereka disiplin, kerapihan, dan bersih. Dikarenakan disaat mereka dinas keluar menjadi pemimpin mereka akan bersih dan disiplin tepat waktu, disiplin peraturan-peraturan yang ada. Dan ini harus kita lakukan. Jangan sampai ada kegiatan yang tidak terpuji,” ujarnya.

Tambahnya, Tito juga meminta untuk memanfaatkan LPDP dengan mengirimkan lulusan IPDN sebanyak mungkin sekolah ke luar negeri.

“Sehingga ketika mereka kembali, mereka membuat gelombang besar ilmu dan kultur budaya. 10 tahun kemudian kita akan menikmatinya. Dimana ada 2.000 lulusan IPDN S2-S3 di luar negeri merekalah yang menjadi agent of change ‘agen perubahan’ dan itulah yang sebetulnya kita sebut langkah menuju revolusi budaya dan mental itu,” ujarnya.

Pengangkatan jabatan ini tertuang pada SK Mendagri Nomor 821.2-5103.A tanggal 10 Agustus tahun 2022 dengan disaksikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Dr. Suhajar Diantoro, Rektor IPDN Dr. Hadi Wibowo.

“Kunci perubahan mental itu ada di Aparatur Sipil Negara. Dan yang konsisten menelurkan ASN itu adalah IPDN. IPDN ini adalah target untuk memulai revolusi mental ASN yang akan berimbas kepada masyarakat, saya minta persiapkan ini semua,” ujarnya.

Turut hadir dalam pelantikan yakni Wamendagri, pejabat eselon 1 Kemendagri, Sekretaris Jenderal Kemendagri Dr. Suhajar Diantoro, Rektor IPDN Dr. Hadi Wibowo, Wakil Rektor IPDN, Staf Khusus Kemendagri, Kepala Biro IPDN.

Related Articles