Beranda Nasional Melalui Polisi Sahabat Anak, Satlantas Polres Nganjuk Sosialisasikan Prokes kepada Para Siswa

Melalui Polisi Sahabat Anak, Satlantas Polres Nganjuk Sosialisasikan Prokes kepada Para Siswa

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Nganjuk, punya cara menarik untuk memahamkan anak-anak tentang pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Anak-anak yang merupakan peserta sosialisasi Polisi Cilik (Polcil) Kabupaten Nganjuk ini, juga dikenalkan tentang Profesi Kepolisian.

Melalui Unit Keamanan dan keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres Nganjuk, anak-anak yang merupakan pelajar SD itu, diberi pemahaman tentang upaya memutus rantai penularan Virus Covid-19.

Pola hidup sehat dan penerapan protokol kesehatan (prokes), memang perlu dipahamkan kepada puluhan anak-anak itu. Supaya, mereka bisa mengerti tentang pengendalian virus tersebut dengan mematuhi prokes yang baik.

“Materinya, mulai dari selalu rajin mencuci tangan, memakai masker setiap keluar rumah,” kata Iptu Reo Anggar Prabowo, Kanit Kamsel Satlantas Polres Nganjuk, Senin (25/10/2021).

Karena dari anak-anak itu, menurut Reo, mereka bisa mengenali tentang disiplin prokes di lingkungannya.

Apalagi tentang kepatuhan penerapan prokes 5 M, yakni mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Agar, mereka ini senantiasa menjaga kesehatan, kebersihan diri sendiri dan lingkungan,” ungkapnya.

Setelah materi itu selesai, dia menyebut, anak-anak itu mulai diberikan materi tentang pengenalan Profesi Kepolisian.

Sebelumnya, dia yang bertugas dalam Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) ini, mengatakan, bahwa materi sosialisasi selanjutnya ialah pengenalan rambu dan alat pengatur isyarat lalu lintas lainnya.

Kemudian diberi pemahaman tentang pemakaian dan manfaat helm yang ber-Standar Nasional Indonesia (SNI), Transportasi Sehat Merakyat (TSM) dan 12 gerakan lalu lintas serta gerakan dasar PBB.

“Kami pun ingin membantu pemerintah Indonesia, khususnya Nganjuķ ini bisa segera (terbentuk) Herd Immunity (kekebalan kelompok), biar segera selesai pandemi ini,” pungkasnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi prokes saat keluar dari rumah. “Tetap patuh prokes, dan selalu (berupaya) mengedukasi teman, kerabat dan keluarga, ketika mau keluar rumah,” imbunya.

Adapun sosialisasi itu diikuti oleh sekolah di masing-masing kecamatan. Yakni mulai dari sekolah SD di Kecamatan Nganjuk, Bagor, Sukomoro, Loceret dan Berbek.

Related Articles