Beranda Headlines Luncurkan ETLE Nasional, Kakorlantas Polri Terima Penghargaan dari MenPAN RB

Luncurkan ETLE Nasional, Kakorlantas Polri Terima Penghargaan dari MenPAN RB

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan dan apresiasinya kepada Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Istiono, M.H.,

Penghargaan dan apresiasi diberikan terkait atas komitmen yang ditunjukkan Kakorlantas Polri dalam upaya penegakkan hukum lalu lintas dan angkutan jalan melalui tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dalam rangka mewujudkan pelayanan prima dan transformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, Tranparansi Berkeadilan (PRESISI).

“Korlantas telah sigap merencanakan untuk merealisasikan ETLE dalam 100 hari kerja pertama Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo,” ucap MenpanRB Tjahjo Kumolo.

Lanjutnya, penerapan ETLE  nasional merupakan terobosan Korlantas untuk mewujudkan supremasi hukum, smart city, meningkatkan PAD dari sektor pajak khususnya bea balik nama.

“Penggunaan ETLE ini memudahkan masyarakat. Dalam tilang biasanya masyarakat sangat direpotkan, yakni harus mendatangi tempat sidang, kemudian menunggu berjam-jam, belum lagi dihantui oleh para calo yang biasanya ada di pengadilan. Maka dengan ETLE  ini semuanya berjalan secara smooth dan masyarakat juga tidak bisa mengelak lagi karena bukti-buktinya secara digital disampaikan ke rumah.” Terang Tjahjo Kumolo.

Menpan RB Tjahjo Kumolo mengakui, penerapan ETLE memberi dampak tertib administrasi kepemilikan ranmor, meningkatnya budaya tertib masyarakat dalam berlalu lintas yang merupakan deterrence effect atau efek gentar dari sistem ETLE dan menjadi trigger support terhadap program pemerintah, seperti pembatasan kendaraan genap ganjil dan tatanan normal baru di masa pandemi covid maupun nantinya.

Sistem ETLE nasional telah diluncurkan pekan lalu, 23 Maret 2021 di gedung NTMC POLRI. Dalam peluncurannya Menpan RB Tjahjo Kumolo turut menghadiri langsung bersama sejumlah tokoh, di antaranya Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama jajaran, serta instansi terkait.

Related Articles