Beranda News Libur Lebaran, Ini Dispensasi Bagi Pemohon SIM di Solo

Libur Lebaran, Ini Dispensasi Bagi Pemohon SIM di Solo

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Layanan Satpas Satlantas Polresta Solo akan tutup selama empat hari, terhitung sejak hari ini Rabu (12/5) hingga Minggu (16/5) mendatang. Layanan pembuatan dan perpanjangan SIM akan kembali dibuka pada Senin (17/5) pekan depan.

“Untuk informasi sudah kami pasang di papan pengumuman serta kita uploa di sosmed (sosial media) kita,” terang Kanit Regident Satlantas Polresta Surakarta, AKP Marwanto kepada wartawan, Senin (10/5).

Dikatakan, masyarakat yang masa berlakunya habis pada saat layanan tutup tidak perlu risau. Sebab mereka mendapat dispensasi pada tanggal 17 hingga 19 Mei mendatang.

“Kalau lewat dari 3 hari itu, mohon maaf harus mengurus dengan mekanisme penerbitan SIM baru. Untuk mengurangi kepadatan pengurusan SIM di tiga hari tersebut, masyarakat tidak perlu takut. Karena kita akan memaksimalkan fungsi drive thru,” jelas Marwanto.

Namun, kata Marwanto, diprediksi pada saat tiga hari dispensasi tersebut antrian bakal tidak terlalu banyak. Sebab mayoritas masyarakat sudah melakukan perpanjangan SIM sejak awal bulan lalu.

“Tercatat sejak awal puasa kemarin, baik di Satpas maupun layanan Drive Thrue ada peningkatan. Bia biasanya sehari kita melayani 200 sampai 300 orang, sejak bulan lalu meningkat menjadi 350 orang per hari. Untuk layanan pembuatan SIM baru meningkat 5 sampai 10 persen,” ungkap Marwanto.

Disinggung soal layanan SIM online, Marwanto mengatakan sejak dilaunching Koorlantas Mabes Polri bulan lalu, sudah ada yang mengakses. Namun jumlahnya masih segelintir.

“Sehari maksimal ada 10 orang yang mengurus via aplikasi Sinar. Rata-rata dari kalangan milenial atau pekerja yang paham dengan IT. Mereka memilih mengurus administrasi via online agar tidak terlalu lama mengantri sehingga bisa cepat kembali ke kantor,” katanya.

Related Articles