Beranda Nasional Launching SINAR Tak Hapus Layanan SIM Keliling

Launching SINAR Tak Hapus Layanan SIM Keliling

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono menyatakan kehadiran aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) tidak lantas meniadakan SIM keliling.  Mobil SIM keliling masih beroprasi untuk melayani warga.

“SIM keliling masih melayani, ini bertahap. Ada dua pilihan yang online maupun manual tetap kami laksanakan,” kata Kakorlantas saat launching program SIM Nasional Presisi (Sinar) di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Kakorlantas mengatakan target kepolisian terhadap Sinar untuk saat ini lebih kepada pemohon SIM yang melek teknologi. Hal ini tentu akan memudahkan sebab pengurusan SIM menggunakan aplikasi akan dilakukan lewat ponsel.

“Ini buat orang-orang yang memang akrab teknologi saya pikir tidak ada masalah, bagi masyarakat kami sebagian bermasalah. Tapi kami semua akan akomodir,” tambahnya.

Sementara itu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengklaim Sinar merupakan aplikasi perpanjangan dan pembuatan SIM pertama di dunia.

“Berdasarkan informasi dari beberapa teman yang ada di luar, memang aplikasi ini baru pertama kali ada di Indonesia. Tapi mungkin rekan media bisa cek langsung apakah yang disampaikan oleh kami benar atau tidak,” kata Kapolri.

“Tapi yang jelas kami berusaha untuk membuat yang terbaik untuk masyarakat,” terang Kapolri.

Kapolri memperkirakan karena aplikasi Sinar, orang yang ingin punya SIM makin tambah banyak sebab mereka merasa dimudahkan lantaran bisa mengurusnya hanya dengan telepon genggam.

“Adanya kemudahan, saya pikir tentu jumlah yang memohon atau melakukan perpanjangan akan jauh lebih meningkat dan ini tentunya bermanfaat bagi negara karena memang ada pajak yang masuk ke negara,” tandasnya.

Related Articles